Si Kecil Lebih Pendek dari Teman Sebaya, Ibu Harus Bagaimana?

5 September 2023 16:14 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tinggi badan anak. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Tinggi badan anak. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Setiap orang tua ingin melihat anak mereka tumbuh dengan sehat dan bahagia. Namun, tak jarang ada masalah yang muncul dan menimbulkan kekhawatiran. Salah satu yang jadi perhatian adalah si kecil yang tampak lebih pendek dari teman-teman sebayanya.
ADVERTISEMENT
Ketika melihat si kecil tampak kalah tinggi dibandingkan dengan teman-teman sebaya, banyak orang tua merasa khawatir dan bertanya-tanya hal yang harus mereka lakukan.
Penting untuk diingat bahwa pertumbuhan si kecil tidak hanya dipengaruhi oleh genetik, tapi juga kecukupan nutrisi ya, Moms. Dilansir dari CDC Growth Chart, 60 persen pertumbuhan si kecil dipengaruhi oleh nutrisinya. Meski begitu, Anda bisa melihat tinggi si kecil ideal atau tidak—sesuai dengan usia dan jenis kelaminnya.

Tinggi Ideal si kecil Berdasarkan Usia si kecil

WHO dan Kementerian Kesehatan RI merumuskan panduan soal tinggi ideal si kecil sesuai usia dan jenis kelaminnya. Berikut rentang tinggi si kecil yang bisa orang tua perhatikan.
Jika tinggi si kecil tidak ideal, jangan panik dulu, Moms. Sudah ada penelitian beserta bukti yang menunjukkan bahwa si kecil bisa tumbuh tinggi optimal dengan beberapa cara.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan nutrisi tambahan kepada si kecil, salah satunya dengan PediaSure. Dengan formula yang sudah teruji klinis, PediaSure sudah dilengkapi Arginine, dan vitamin K2 untuk bantu optimalkan pertumbuhan tinggi si kecil.
PediaSure—yang tepercaya selama lebih dari 25 tahun untuk bantu penuhi nutrisi harian si kecil—memberikan tips agar si kecil bisa tumbuh maksimal sesuai dengan usianya. Berikut cara-cara yang bisa Anda ikuti.

3 Cara Bantu Si Kecil Tumbuh Tinggi Ideal

1. Nutrisi dan makanan dengan gizi seimbang

Cara bantu anak tumbuh tinggi ideal. Foto: Shutterstock
Moms, nutrisi punya peran yang sangat penting untuk memaksimalkan tinggi si kecil. si kecil yang nutrisinya tidak terpenuhi kemungkinan besar tidak bisa setinggi si kecil yang nutrisinya cukup.
Ahli gizi merekomendasikan agar si kecil-si kecil dan remaja mengkonsumsi makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang. Protein dan kalsium juga punya peran penting dalam pertumbuhan tulang si kecil. Karenanya, jangan lupa berikan si kecil menu-menu seperti daging, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, bayam, sawi hijau, kubis, kedelai, sarden, ikan salmon, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT

2. Beri produk bernutrisi untuk lengkapi kebutuhan gizi

Cara bantu anak tumbuh tinggi ideal. Foto: Shutterstock
Produk bernutrisi seimbang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti kandungan kalsium dan protein susu membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat, terutama saat masa pertumbuhan hingga si kecil berusia 10 tahun.
Kandungan protein berkualitas tinggi dalam susu mendukung pembentukan jaringan otot, organ, dan sistem daya tahan tubuh si kecil. Selain itu, vitamin D dalam susu berperan penting dalam penyerapan kalsium, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah risiko penyakit tulang. Ada pula itu vitamin K2 dan Arginine salah satu kandungan mineral untuk bantu percepatan penyerapan kalsium pada tulang.
Jika Anda khawatir saat melihat si kecil tidak setinggi teman sebayanya, optimalkan tinggi si kecil di 10 tahun pertama dengan nutrisi tepercaya dari PediaSure, yang sudah dipercaya lebih dari 25 tahun.
PediaSure mendukung pertumbuhan nyata dan bantu memenuhi kebutuhan harian si kecil. Foto: PediaSure
PediaSure mendukung pertumbuhan nyata dan bantu memenuhi kebutuhan harian si kecil. Ada empat rasa yang bisa dipilih si kecil, yaitu Vanilla, Cokelat, Classic Milky, dan Madu.
ADVERTISEMENT
PediaSure dilengkapi dengan Arginine dan vitamin K2 untuk mendukung pertumbuhan tulang si kecil. Pediasure juga kini hadir dengan produk yang bernutrisi untuk bantu lengkapi kebutuhan gizi si kecil. Dengan 42 persen sukrosa lebih rendah dibanding formula sebelumnya, diperkaya DHA dan AA, Omega 3 dan 6, serta campuran prebiotik FOS dan probiotik L.acidophilus.
Untuk mendukung pertumbuhan si kecil yang berisiko gizi kurang, ibu bisa konsultasikan dengan tenaga kesehatan untuk memberikan si kecil PediaComplete. Menambahkan formulasi dari PediaSure, PediaComplete hadir dengan MCT 19 persen dan padat kalori 1kkal/ml.
Ya Moms, Anda bisa berikan PediaSure atau PediaComplete sebanyak 2-3 kali sehari untuk bisa memaksimalkan tumbuh tinggi dan berat badan si kecil.

3. Stimulasi dengan olahraga

Cara bantu anak tumbuh tinggi ideal. Foto: Shutterstock
Dukungan aktivitas fisik yang tepat dapat membantu si kecil tumbuh dengan lebih sehat dan berdampak pada perkembangan otot, tulang, serta kesehatan umum. Aktivitas fisik berperan dalam merangsang produksi hormon pertumbuhan, yang dapat berkontribusi pada peningkatan tinggi badan.
ADVERTISEMENT
Anda bisa ajak si kecil menstimulasi tumbuh tingginya dengan menjadwalkan olahraga teratur bersama, rutin bermain di luar rumah dan mencoba beberapa latihan keseimbangan, ya, Moms. Tidak hanya tinggi badan, stimulasi fisik juga baik untuk kesehatan dan menjaga berat badan si kecil, lho.
Ya Moms, keseimbangan nutrisi si kecil punya peran yang besar dalam pertumbuhan tinggi si kecil. Jadi, awasi terus konsumsi harian si kecil, ya Moms. Yuk, bantu si kecil tumbuh tinggi maksimal bersama PediaSure!
PediaSure bisa dibeli melalui Official Store PediaSure di e-commerce, atau secara offline di minimarket dan supermarket terdekat.
Advertorial ini dibuat oleh kumparan Studio