Mom17 September 2020 17:20

Si Kecil Suka Menjulurkan Lidah seperti Bayi Citra Kirana? Ini Penyebabnya

Konten Redaksi kumparan
Si Kecil Suka Menjulurkan Lidah seperti Bayi Citra Kirana? Ini Penyebabnya (313462)
Ekspresi bayi Citra Kirana menjulurkan lidah. Foto: Instagram/@citraciki
Pasangan selebriti Citra Kirana dan Rezky Aditya sedang menikmati momen bahagia sebagai orang tua baru. Pasalnya, mereka baru saja dikaruniai anak pertama yang lahir pada 28 Agustus lalu. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu pun diberi nama Keene Atharrazka Adhitya.
ADVERTISEMENT
Berbagai tingkah lucu bayi yang belum berusia 1 bulan itu kerap dibagikan sang ibu dan ayahnya di akun Instagram pribadinya. Bahkan, di akun Instagram si kecil yang dikelola oleh orang tuanya itu tampak beberapa foto bayi yang akrab disapa Athar ini.
Salah satu foto yang dibagikan Citra pun ada yang menarik perhatian nih, Moms. Di unggahan tersebut, tampak perempuan yang akrab disapa Ciki ini menggendong bayinya. Dalam dekapan sang ibu, Athar pun menjulurkan lidahnya. Gemas!
"Athar ledekin mama nya yaahh... @keeneatharrazka #masyaallahtabarakalla," tulis Citra Kirana dalam unggahannya.
Si Kecil Suka Menjulurkan Lidah seperti Bayi Citra Kirana? Ini Penyebabnya (313463)
Ilustrasi bayi menjulurkan lidah. Foto: Shutterstock

Penyebab Bayi Suka Menjulurkan Lidah

Moms, memang menggemaskan ya melihat bayi suka menjulurkan lidah seperti anak Citra Kirana. Seolah-olah ia sudah bisa berekspresi layaknya anak yang lebih besar atau orang dewasa.
ADVERTISEMENT
Namun sebenarnya, ada beberapa hal yang membuat bayi menjulurkan lidah. Nah, berikut ini kumparanMOM telah merangkumnya dari berbagai sumber.
1. Refleks Bayi
Bayi punya kecenderungan untuk menggunakan mulut mereka dalam berbagai cara sebagai upayanya hidup di dunia, Moms. Menjulurkan lidah sendiri menjadi salah satunya. Hal ini didorong oleh refleks mengisap yang kuat dan insting untuk menyusu.
Perlu diketahui bahwa bayi memiliki refleks ini sejak dilahirkan dan akan hilang dengan sendirinya. Bagian dari refleks ini adalah refleks lidah-dorong --bayi menjulurkan lidah mereka untuk mencegah diri dari tersedak dan membantu menempel pada puting.
2. Bayi Meniru
Ketika bayi sudah lebih besar, ia diketahui suka meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Tapi, beberapa penelitian, seperti Journal of Developmental ScienceTrusted Source melaporkan, bayi yang baru berusia beberapa minggu ternyata sudah bisa meniru ekspresi wajah orang dewasa, termasuk menjulurkan lidah! Melakukan hal ini membuat bayi merasa senang dan terhibur, seperti saat mereka bermain.
Si Kecil Suka Menjulurkan Lidah seperti Bayi Citra Kirana? Ini Penyebabnya (313464)
ilustrasi bayi menjulurkan lidah Foto: Shutterstock
3. Kebiasaan
ADVERTISEMENT
Refleks mendorong lidah --termasuk gerakan menjulurkan lidah bisa membantu bayi mengisap ASI dari payudara ibu atau cairan dari botol dot, meski gerakannya tidak sama. Refleks ini biasanya menghilang antara usia 4-6 bulan, Moms. Namun beberapa bayi ada yang terus mengeluarkan atau menjulurkan lidahnya sebagai kebiasaan hingga hilang dengan sendirinya.
4. Bayi Lapar
Tak hanya menangis, bayi yang lapar juga ditandai dengan beberapa hal ini: tangan yang terkepal, meletakkan tangan di mulut, membalikkan badan atau kepala ke arah payudara atau botol, menjilat bibir, hingga menjulurkan lidah.
Meskipun begitu, bayi juga bisa menjulurkan lidah saat mereka merasa kenyang. Tanda-tanda lain dari bayi kenyang adalah memalingkan kepala, mengeluarkan kembali ASI atau susu dari mulutnya, dan menolak mengisap.
ADVERTISEMENT
5. Lidah Besar
Beberapa bayi memiliki lidah lebih besar dari rata-rata bayi lainnya. Kondisi ini biasa dikenal dengan istilah macroglossia dan dapat menyebabkan si kecil suka menjulurkan lidah mereka dari biasanya.
Macroglossia ini dapat terjadi karena faktor genetik atau akibat adanya pembuluh darah yang tidak normal. Perkembangan abnormal pada otot di lidah serta kondisi seperti hipotiroidisme atau tumor juga bisa menyebabkan macroglossia.
Si Kecil Suka Menjulurkan Lidah seperti Bayi Citra Kirana? Ini Penyebabnya (313465)
bayi menjulurkan lidah Foto: Shutterstock
6. Mulut Kecil
Ada sejumlah sindrom atau kondisi yang dapat menyebabkan bayi memiliki mulut lebih kecil dari rata-rata. Salah satu kondisi tersebut adalah micrognathia yang bisa disebabkan karena faktor genetik atau bagian dari suatu sindroma atau kondisi lain. Misalnya, bibir sumbing atau langit-langit sumbing, sindrom Beckwith-Wiedemann, sindrom Pierre Robin, dan beberapa lainnya. Anak-anak dengan sindrom Down dan DiGeorge juga cenderung memiliki kondisi ini.
ADVERTISEMENT
7. Gas
Beberapa bayi menjulurkan lidahnya ketika mereka mengalami masalah pada saluran pencernaannya seperti adanya gas di dalam perut. Saat merasa ada yang tidak enak atau ada sensasi aneh di perutnya, ia bisa punya reaksi yang berbeda-beda. Ada yang menangis, meringis, menjulurkan lidah, atau bahkan tersenyum.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white