Mom
·
1 Juni 2020 10:37

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1-15 Minggu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1-15 Minggu (109365)
Ilustrasi Janin Minggu ke-9. Foto: Shutter Stock
Ketika Anda baru saja dinyatakan hamil, tentu ada banyak hal yang ingin Anda ketahui, salah satunya adalah tahap perkembangan janin. Ya Moms, mungkin Anda bertanya-tanya, seperti apa bentuknya, bagaimana berat dan panjangnya? Apakah perkembangan janin normal atau justru mengalami keterlambatan?
ADVERTISEMENT
Nah Moms, daripada Anda menebak-nebak sendiri, lebih baik Anda mencari tahu, seperti apa perkembangan janin yang normal. Dilansir BabyCenter, berikut adalah perkembangan janin yang normal di usia kehamilan 1-15 minggu.

Minggu ke-1 dan 2

Minggu pertama dan kedua kehamilan adalah masa di mana Anda sedang mengalami ovulasi. Ya Moms, Anda akan mengalami peningkatan hormon estrogen dan progesteron sehigga membuat lapisan rahim menebal untuk mendorong sel telur yang telah dibuahi.
Setelah Anda berovulasi, telur meletus dari folikelnya dan disapu dari ovarium Anda ke saluran tuba. Selama 24 jam ke depan, sel telur itu akan dibuahi jika salah satu dari hampir 250 juta sperma dalam ejakulasi berhasil berenang dari vagina Anda melalui leher rahim. Sperma kemudian naik melalui rahim Anda ke tuba falopi dan menembus sel telur. Setelah sperma menyatu dengan sel telur, mereka akan berubah menjadi zigot.
ADVERTISEMENT
Satu atau dua hari kemudian, zigot akan mulai menggali ke dalam lapisan subur rahim Anda, di mana ia terus tumbuh dan membelah.

Minggu ke-3

Pada minggu ini, Anda mungkin akan mendapatkan tes kehamilan yang menyatakan Anda positif hamil, Moms. Pada masa ini, bayi sedang berkembang seperti bola-bola kecil dari beberapa ratus sel yang berkembang biak dan menggali ke dalam lapisan rahim. Sel-sel tengah akan menjadi embrio. Sementara sel luar akan menjadi plasenta, yaitu organ yang menyalurkan oksigen dan nutrisi kepada janin.
Selanjutnya, cairan ketuban mulai berkumpul di dalam kantung ketuban dan ini yang akan melindungi bayi Anda selama di dalam kandungan.

Minggu ke-4

Pada minggu ke-4 ini, embrio Anda terdiri dari dua lapisan yang disebut hipoblas dan epiblas. Dari lapisan tersebut, semua organ janin Anda akan mulai berkembang selama enam minggu ke depan. Ini adalah saat di mana dia akan paling rentan terhadap apa pun yang dapat mengganggu perkembangannya. Saat ini, kantung ketuban yang mengandung cairan akan membungkus bayi Anda, seperti bantal yang melindunginya.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-5

Embrio Anda sudah terdiri dari tiga lapisan yakni ektoderm, mesoderm, dan endoderm yang nantinya akan membentuk semua organ dan jaringan. Mulai dari otak, sumsum tulang belakang, dan saraf bayi akan terbentuk dari tabung saraf lalu mulai berkembang dari lapisan atas atau ektoderm.
Jantung terbentuk di lapisan tengah yakni mesoderm yang juga akan membentuk otot, tulang rawan, dan jaringan di bawah kulit janin. Kemudian lapisan ketiga akan menjadi paru-paru, usus, sistem urin awal, tiroid, hati, dan pankreas.

Minggu ke-6

Pada minggu ke-6, jantung janin akan berdetak hampir dua kali lebih cepat dari jantung Anda. Lalu ada bintik gelap di mana mata dan lubang hidup si kecil mulai terbentuk. Telinga yang  muncul ditandai bentuk kecil di sisi kepalanya. Kemudian di dalam mulut mungilnya, terbentuk lidah dan pita suara yang mulai berkembang. Selanjutnya, ada lengan dan kaki bayi yang mulai berkembang seperti dayung kecil, tulang punggung memanjang menjadi ekor kecil yang akan menghilang dalam beberapa minggu.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-7

Bagian utama mata yakni kornea, iris, pupil, lensa, dan retina akan mulai berkembang pada minggu ini. Selain itu perut, kerongkongan bayi, hati, dan pankreas bayi Anda pun juga mulai terbentuk.

Minggu ke-8

Pada minggu ini, janin Anda sudah memiliki jari dan kaki namun masih dalam bentuk selaput. Tangannya tertekuk di pergelangan tangan dan bertemu jantungnya. Selain itu, sistem pernapasan bayi Anda mulai terbentuk dengan tabung pernapasan memanjang dari tenggorokan ke cabang-cabang paru-paru yang sedang berkembang. Kemudian, jaringan saraf menyebar melalui tubuh dan bersatu dengan otot serta organ-organ lainnya seperti mata dan telinga.

Minggu ke-9

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1-15 Minggu (109366)
Ilustrasi Janin Minggu ke-9. Foto: Shutter Stock
Ada 10 tunas gigi kecil yang berkembang  di setiap pita gusi. Inilah yang akan berubah menjadi 20 gigi susu bayi yang akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen. Selanjutnya ada empat bilik jantung bayi yang telah terbentuk. Plasenta sudah cukup berkembang untuk mengambil alih sebagian besar pekerjaan untuk memproduksi hormon si kecil.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-10

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1-15 Minggu (109367)
Ilustrasi Janin Minggu ke-10 Foto: Shutter Stock
Pada masa ini, kelopak mata akan menutupi mata janin Anda, gigi mulai mengeras dan terhubung ke tulang rahang, serta dahi janin mulai membesar. Sementara otaknya sedang berkembang dan terletak cukup tinggi di kepalanya dan ukurannya setengah dari panjang tubuhnya.

Minggu ke-11

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1-15 Minggu (109368)
Ilustrasi Janin Minggu ke-11. Foto: Shutter Stock
Semua organ vital saat ini sudah harus ada di tempatnya dan sebagiannya sudah mulai berfungsi. Pada akhir minggu ke-11, alat kelamin luar bayi Anda akan mulai berkembang.

Minggu ke-12

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1-15 Minggu (109369)
Ilustrasi Janin Minggu ke-12. Foto: Shutter Stock
Pada minggu ke-12, jari-jari janin mulai membuka dan menutup. Jari-jarinya akan melengkung, otot-otot mata sudah mulai berfungsi, dan mulutnya akan membuat gerakan seperti mengisap. Bayi Anda kini sudah memiliki 10 jari tangan dan 10 jari kaki, rambut persik mulai tumbuh di kulitnya yang lembut. Selain itu, usus juga mulai tumbuh cepat sehingga mereka menonjol ke tali pusat, lalu pindah lagi ke rongga perut.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-13

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1-15 Minggu (109370)
Ilustrasi Janin Minggu ke-13. Foto: Shutter Stock
Di awal minggu ini, janin Anda mungkin sudah mulai menelan air ketuban dan mengeluarkan air seni yang kemudian akan ditelannya lagi. Mendaur ulang volume penuh cairan setiap beberapa jam. Dia juga memproduksi meconium yakni zat hitam lengket yang akan menumpuk di perutnya dan Anda akan melihatnya setelah ia lahir. Kemudian, janin juga sudah memiliki sidik jari pada minggu ini.

Minggu ke-14

Bayi di dalam kandungan Anda kini sudah bisa menyipitkan mata, mengerutkan kening, dan meringis. Berkat impuls otak, otot-otot wajahnya mendapatkan latihan untuk membentuk ekspresi. Janin pun juga mulai melakukan gerakan mengisap dan mengunyah. Jika jempolnya berada di dekat mulut, si kecil kemungkinan akan mengisapnya, Moms.
Di usia kehamilan ini, tubuh janin Anda akan tumbuh lebih cepat dari kepalanya, lengannya tumbuh lebih proporsional dengan bagian tubuhnya. Saat ini juga, tangan dan kaki si kecil sudah mulai lebih fleksibel dan aktif serta kuku-kukunya mulai terbentuk.
ADVERTISEMENT

Minggu ke-15

Pada minggu ke-15, kaki janin sudah tumbuh lebih panjang dari lengannya dan ia sudah bisa menggerakkan semua persendian serta anggota tubuhnya. Tidak banyak yang bisa dicicipi oleh bayi Anda saat ini, tapi ia membentuk indra pengecap, dan saraf mulai menghubungkannya dengan otak. Jika Anda melakukan ultrasonografi (USG), Anda mungkin bisa mengetahui jenis kelamin bayi Anda, Moms.