kumparan
search-gray
Mom11 Maret 2018 18:30

Tahap Perkembangan Janin pada Trimester Pertama

Konten Redaksi kumparan
Tahap Perkembangan Janin pada Trimester Pertama (41645)
Rinni Wulandari dan suami memperlihatkan foto USG. (Foto: Instagram/@@rinni_w)
Sebelum janin berkembang sebesar ukuran bayi baru lahir, tahapan tumbuh kembang janin dimulai terlebih dulu dari embrio.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, embrio akan berkembang menjadi janin, kemudian janin mengalami perkembangan secara bertahap pada tiap trimesternya. Berikut perkembangan janin pada tiga bulan pertama kehamilan seperti yang dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari WEBMD.
Tahap Perkembangan Janin pada Trimester Pertama (41646)
Ilustrasi janin dalam kandungan. (Foto: Thinkstock)
Satu Bulan Usia Kehamilan
Pada bulan pertama, kantong ketuban sudah terbentuk dan berguna untuk melindungi embrio dengan cara membungkusnya dengan ketat. Fisik janin juga sudah mulai terbentuk, yaitu muncul lingkaran hitam di wajah yang nantinya berkembang menjadi mata.
Selain itu, rahang bagian bawah, mulut, tenggorokan, sel darah dan plasenta juga mulai terbentuk. Plasenta berfungsi untuk mentransfer nutrisi dari ibu ke janin. Pada usia ini, embrio Anda berukuran sekitar 6-7 milimeter atau setara satu butir beras.
Dua Bulan Usia Kehamilan
ADVERTISEMENT
Memasuki usia dua bulan kehamilan, wajah janin akan terus mengalami perkembangan. Kemudian, lipatan kecil sebagai cikal bakal telinga juga mulai terbentuk. Pada bagian tubuh yang lain juga sudah terlihat pertumbuhan tunas yang akan tumbuh menjadi tangan dan kaki.
Pada masa ini juga tulang rawan sudah berganti menjadi tulang. Jaringan sistem saraf pusat sudah terbentuk, yaitu berupa otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan saraf lain. Selain itu, jantung mulai terbentuk bersamaan dengan sistem peredaran darah.
Pada akhir bulan kedua, janin Anda bertambah panjang yaitu sekitar 2,54 cm dan berat sekitar 9,45 gram, dengan bagian kepala berukuran sepertiga dari ukuran seluruh tubuh.
Tiga Bulan Usia Kehamilan
Tahap Perkembangan Janin pada Trimester Pertama (41647)
Stress akan berpengaruh terhadap janin. (Foto: Pixabay)
Pada bulan ketiga, tubuh janin sudah terbentuk lebih lengkap, yaitu sudah memiliki lengan, tangan, kaki, telinga, serta mulai membentuk gigi. Jari-jari tangan dan kukunya juga sudah mulai terbentuk.
ADVERTISEMENT
Organ dalam juga mulai berkembang. Hati mulai memproduksi empedu, sistem urine mulai bekerja, sistem peredaran darah juga mulai beroperasi. Sebenarnya organ reproduksi sudah mulai mengembang, tetapi jenis kelamin belum dapat dipastikan meski sudah diperiksa melalui USG.
Pada akhir trimester pertama kehamilan, tubuh janin semakin panjang yaitu sekitar 7,6-10 cm dengan berat 28 gram. Pada masa ini janin juga sudah dapat membuka mulut dan mengepalkan tangan.
Perlu diingat Moms, trimester awal adalah masa yang rawan bagi perkembangan janin. Jadi, lengkapi nutrisi harian Anda dan hindari hal-hal yang berisiko untuk meminimalisir terjadinya keguguran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white