kumparan
search-gray
Mom14 Maret 2018 11:36

Tahapan Tumbuh Kembang Janin pada Trimester Kedua

Konten Redaksi kumparan
Tahapan Tumbuh Kembang Janin pada Trimester Kedua (43501)
Ilustrasi janin dalam kandungan. (Foto: Thinkstock)
Trimester kedua atau masa ketika kehamilan menginjak usia 4 hingga 6 bulan, sering disebut sebagai trimester yang paling menyenangkan untuk wanita hamil. Pasalnya, pada trimester inilah ibu mulai merasa 'normal' karena sudah dapat beradaptasi dengan kehamilannya. Nafsu makan ibu juga mulai membaik, emosinya tak lagi bergejolak dan morning sickness biasanya sudah berlalu.
ADVERTISEMENT
Memasuki usia trimester kedua kehamilan, janin ibupun terus tumbuh dan berkembang. Ingin tahu apa saja yang akan dilalui si kecil di dalam sana?
Berikut tahapannya, seperti yang dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari WebMD:
Empat Bulan Kehamilan
Memasuki usia empat bulan kehamilan, kelopak mata, alis, bulu mata, kuku dan rambutnya mulai terbentuk. Gigi dan tulang si kecil juga menjadi semakin lebih padat daripada sebelumnya.
Tidak hanya itu, pada masa ini alat kelamin bayi sudah mulai berkembang. Sehingga bila mau, ibu bisa mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung melalui pemeriksaan USG 4 dimensi.
Lima Bulan Kehamilan
Punggung dan bahu bayi mulai ditumbuhi rambut halus. Rambut ini akan hilang menjelang minggu kedua setelah bayi lahir.
ADVERTISEMENT
Seluruh kulit janin sudah tertutup lapisan putih sebagai pelindung dari cairan ketuban. Lapisan putih ini juga akan terlepas dengan sendirinya sesaat ketika janin akan lahir. Pada usia ini, janin pun mulai bisa bergerak. Gerakan pertama ini disebut sebagai quickening. Siap-siap terkejut dan terharu saat merasakannya, Moms!
Enam Bulan Kehamilan
Pada usia enam bulan kehamilan, jari tangan dan kaki janin sudah terbentuk jelas. Denyut nadi janin meningkat daripada sebelumnya. Ini sebagai tanda bahwa janin menanggapi rangsangan, terutama bila mendengar suara.
Pembuluh vena juga sudah terlihat melalui kulit janin, sebab pada kulit sudah muncul tekstur tipis keriput berwarna kemerahan. Ibu pun mulai bisa merasa gerakan seperti menyentak saat janinnya sedang cegukan. Ah, gemas ya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white