Tak Perlu Merasa Bersalah Moms, Sesekali Perlu Lho Tinggalkan Bayi Bersama Ayah!

24 Maret 2023 19:07
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ayah menggendong bayi Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ayah menggendong bayi Foto: Shutter Stock
Memiliki bayi bisa jadi tantangan tersendiri, terutama bagi ibu. Ya Moms, meski ibu terkadang merasa kewalahan mengurus si kecil, namun jarang melimpahkan urusan pengasuhan pada ayah, meski hanya sebentar.
Padahal tak jarang ibu punya keperluan yang membuatnya harus meninggalkan bayi selama beberapa waktu. Misalnya untuk kembali bekerja, menghadiri janji temu, atau me-time alias memberikan waktu pada diri sendiri. Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan meminta ayah menjaga bayi, Moms.
Bagi beberapa ibu mungkin sulit untuk meninggalkan bayi bersama ayah. Karena ada stigma di masyarakat bahwa laki-laki tidak bisa merawat bayi sebaik perempuan. Sehingga ibu khawatir, meninggalkan bayi bersama ayah justru berpotensi membahayakan si kecil. Padahal stigma itu tak selamanya benar, lho. Ada beberapa alasan mengapa ibu sebaiknya meninggalkan bayi bersama ayah. Simak penjelasannya berikut ini.

Beri Ayah Kesempatan Mengasuh Bayi dengan Caranya

Ayah menggendong bayi. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ayah menggendong bayi. Foto: Shutterstock
Moms, sebenarnya para ayah menyadari bahwa mereka mungkin tidak memiliki naluri pengasuhan yang kuat seperti ibu. Banyak ibu memiliki 'naluri keibuan' yang membantu mereka merawat bayinya tanpa berpikir. Ayah tidak selalu memiliki ini, dan mereka tahu itu.
Menurut Smart Parenting, satu-satunya cara untuk membantu ayah merasa percaya diri dengan perannya adalah dengan meninggalkannya bersama bayi. Begitu dia menghabiskan waktu merawat bayinya sendiri, kepercayaan dirinya akan tumbuh, dan dia akan tahu bahwa dia sangat mampu merawat bayinya. Semakin sering meninggalkan bayi dengan ayah, kepercayaan diri Anda juga akan semakin tumbuh, Moms.
Menurut HuffPost , para ayah seringkali merasa seperti ibu memperhatikan mereka saat berinteraksi dengan bayi. Apakah ayah memegangnya dengan benar? Apakah ayah membersihkan ludah dengan cukup cepat? Bahkan jika ibu tidak bermaksud mengawasi, kemungkinan besar ayah tetap merasa diawasi.
Ayah menggendong bayi. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ayah menggendong bayi. Foto: Shutterstock
Oleh karena itu ayah perlu waktu sendirian untuk melatih keterampilan mengasuhnya. Ingat Moms, jika ayah melakukan sesuatu yang berbeda dari yang Anda lakukan, bukan berarti itu salah, lho!
Meskipun ada banyak cara bagi ayah untuk menjalin ikatan dengan bayi, membiarkan mereka berdua saja adalah salah satu cara terbaik. Menurut The Pump Station , ada penelitian yang menunjukkan bahwa ikatan antara ayah dan bayi tumbuh jauh lebih banyak ketika mereka bersama tanpa ibu.
Namun, mereka juga menemukan bahwa 'sesi libur mengasuh bayi' kali ini juga meningkatkan ikatan antara ibu dan si kecil. Ini karena seorang ibu mendapatkan istirahat yang dia perlukan untuk memulihkan tenaga, dan kembali dengan suasana yang lebih segar.
=====
Dapatkan informasi terupdate seputar dunia parenting dan motherhood setiap hari hanya di Moms Update! Cari tahu informasi lengkapnya di media sosial kumparanMOM! Klik di sini.