Mom
·
7 Juli 2020 8:50

Tanda Hamil yang Jarang Diketahui, Gampang Ngantuk Juga Termasuk!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tanda Hamil yang Jarang Diketahui, Gampang Ngantuk Juga Termasuk! (7745)
Tanda hamil tidak cuma mual dan muntah Foto: Shutterstock
Mual dan muntah adalah dua tanda hamil yang paling umum dialami calon ibu. Kedua kondisi ini, juga jadi tanda hamil yang paling umum diketahui masyarakat awam.
ADVERTISEMENT
Tapi sebenarnya tak hanya itu, lho! Masih ada beberapa tanda kehamilan lainnya yang jarang diketahui bahkan oleh sang calon ibu sendiri.
Ini karena, tanda atau ciri-ciri hamil juga banyak yang bisa 'menipu' atau tidak benar-benar kelihatan. Apa saja misalnya?

8 Tanda Hamil yang Jarang Diketahui

1.Gampang Ngantuk
Tanda Hamil yang Jarang Diketahui, Gampang Ngantuk Juga Termasuk! (7746)
Gampang ngantuk adalah ciri-ciri atau tanda hamil Foto: Shutterstock
Gampang mengantuk atau maunya tidur melulu? Jangan-jangan Anda hamil! Memang banyak orang tidak tahu kalau cepat mengantuk dan kelelahan merupakan salah satu tanda hamil. Ini karena pada masa awal kehamilan tubuh calon ibu bekerja ekstra keras sebab mesti memompa hormon untuk penyaluran nutrisi ke janin.
2.Mudah Marah
Aktivitas hormon kehamilan juga bisa memengaruhi suasana hati wanita yang sedang hamil. Itulah kenapa, mudah marah termasuk salah satu tanda hamil meski jarang diketahui.
ADVERTISEMENT
Selain mudah marah, beberapa ibu hamil juga jadi lebih sensitif, mudah tersinggung maupun sedih.
3.Sembelit
Tanda Hamil yang Jarang Diketahui, Gampang Ngantuk Juga Termasuk! (7747)
Sembelit juga bisa jadi tanda hamil Foto: Shutter Stock
Aktivitas hormon pada tubuh calon ibu bisa memengaruhi kerja sistem pencernaan, dengan cara membuat makanan bergerak lebih lama dalam usus, alhasil feses lebih sulit dibuang. Maka tak heran bila Anda mulai mengeluh susah buang air besar (sembelit).
4.Sakit Perut
Lagi-lagi karena aktivitas hormon kehamilan, tanda hamil yang bisa dirasakan adalah sejumlah gangguan pada perut. Di antaranya merasa perut terasa kembung, bergas, dan kram.
Selain aktivitas hormon kehamilan, ibu hamil juga bisa mengalami sakit perut akibat telur yang sudah dibuahi sperma menempel di dinding rahim.
5.Payudara Nyeri
Tanda Hamil yang Jarang Diketahui, Gampang Ngantuk Juga Termasuk! (7748)
Ilustrasi payudara nyeri sebagai salah satu tanda hamil Foto: Shutterstock
Ketika wanita tengah berada atau akan memasuki masa menstruasi, ia kerapkali merasa payudaranya terasa kencang, membesar dan nyeri. Nah, ternyata ini juga dapat terjadi saat seorang wanita hamil.
ADVERTISEMENT
6.Keputihan
Keputihan juga bisa jadi tanda hamil, Moms. Perhatikan cirinya, bila warnanya putih seperti susu, itu akibat penebalan dinding rahim karena kondisi hamil.
7.Suhu Tubuh Naik
Tanda Hamil yang Jarang Diketahui, Gampang Ngantuk Juga Termasuk! (7749)
Ukur suhu basal tubuh untuk mengetahui tanda hamil Foto: Shutterstock
Mengukur suhu tubuh bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui hamil atau tidaknya seorang wanita. Tapi bukan sembarang suhu tubuh, ya! Yang harus dipehatikan adalah suhu basal tubuh alias suhu terendah yang dihasilkan tubuh selama tidur.
Untuk mengetahui seorang wanita hamil atau tidak, suhu tubuhnya selama sebulan harus mengalami kenaikan bahkan setelah masa subur berlangsung. Karena normalnya, suhu basal tubuh akan mengalami penurunan dan akan kembali normal seperti setelah masa subur berlalu atau setelah menstruasi.
8.Jadi beser!
Produksi human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan bisa membuat seorang wanita jadi beser atau sering buang air kecil. Produksi hCG tersebut meningkatkan aliran darah ke daerah panggul dan ginjal. Karena adanya aliran darah tambahan ini maka menyebabkan produksi urin meningkat hingga 25 persen, alhasil Anda ingin terus pergi ke toilet.
ADVERTISEMENT
Jadi jelas sudah, tanda hamil bukan hanya mual dan muntah. Bila mengalami salah satu di antaranya, segera buat janji dengan dokter untuk memeriksakan diri, ya.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.