Mom
·
6 Desember 2020 9:00

Tes Kehamilan dengan Baking Soda, Benarkah Bisa Dilakukan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tes Kehamilan dengan Baking Soda, Benarkah Bisa Dilakukan? (24702)
Ilustrasi test pack. Foto: JuliaFiedler via Pixabay
Bila ingin melakukan tes kehamilan, sebagian besar orang pasti sudah tak asing lagi mendengar atau bahkan menggunakan test pack. Ya, alat yang satu ini memang dapat dengan mudah Anda beli, mulai dari apotek hingga e-commerce dengan harga yang bervariasi dan cukup terjangkau. Cara penggunaannya pun dapat dibilang mudah jika mengikuti instruksi yang terdapat dalam kemasannya.
ADVERTISEMENT
Tapi, pernahkah Anda mendengar bahwa ada berbagai alat tes kehamilan alami yang dapat mendeteksi seorang wanita hamil atau tidak? Salah satunya adalah baking soda. Katanya, tes kehamilan yang juga disebut sebagai DIY (do it yourself) atau tes kehamilan buatan sendiri ini bisa menjadi alternatif alat cek bila Anda malas atau bahkan malu membeli test pack yang dijual di pasaran.
Namun, benarkah tes kehamilan dengan baking soda ini akurat?

Cara Tes Kehamilan dengan Baking Soda

Tes Kehamilan dengan Baking Soda, Benarkah Bisa Dilakukan? (24703)
Baking soda Foto: Shutter Stock
Moms, jika Anda sebelumnya pernah mendengar bahwa tes kehamilan alami bisa dilakukan menggunakan gula dan garam, ternyata cara penggunaan baking soda pun hampir sama dengannya. Berikut beberapa hal yang Anda perlukan.
1. Urine di pagi hari
ADVERTISEMENT
2. Wadah bening atau transparan untuk yang ditandai dengan cangkir A dan cangkir B.
3.Bubuk baking soda.
Dikutip dari Mom Junction, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan bila ingin mencobanya:
-Kumpulkan urine di cangkir atau wadah A. Disarankan Anda menggunakan urine pertama di pagi hari. Karena tingkat hormon hCG (human chorionic gonadotropin) pada ibu hamil dapat dengan mudah terdeteksi.
-Ambil cangkir atau wadah B dan tambahkan 1 sendok baking soda.
-Tambahkan baking soda yang terdapat di wadah B ke dalam wadah A.
-Tunggu beberapa menit untuk melihat reaksinya dan jangan pernah diaduk.
Jika Anda melihat ada reaksi seperti berbuih di dalam wadah tersebut, itu artinya Anda positif hamil. Namun sebaliknya, jika tak ada reaksi apa pun dari wadah tersebut, maka Anda tidak hamil.
ADVERTISEMENT

Belum Ada Bukti Ilmiah soal Baking Soda Dapat Dijadikan Tes Kehamilan

Tes Kehamilan dengan Baking Soda, Benarkah Bisa Dilakukan? (24704)
Baking soda Foto: Shutter Stock
Namun perlu Anda ketahui bahwa hingga kini belum ada penelitian atau bukti ilmiah yang membuktikan bahwa baking soda dapat dijadikan tes kehamilan alami, Moms. Beberapa wanita mungkin akan mendapatkan hasil yang positif, tapi itu kemungkinan besar hanya kebetulan semata. Sementara beberapa lainnya mendapatkan hasil negatif.
Padahal mungkin saja, sebenarnya mereka hamil. Jadi, bisa dikatakan tes kehamilan dengan baking soda memiliki akurasi 50 persen.
Meski penggunaan baking soda sebagai tes kehamilan cukup populer digunakan oleh banyak wanita di berbagai belahan dunia, tapi sebaiknya Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah Anda tengah hamil atau tidak.