kumparan
search-gray
Mom31 Juli 2020 11:00

Tips agar Anak Bisa Efektif Belajar di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Tips agar Anak Bisa Efektif Belajar di Rumah (1216223)
Kegiatan belajar di rumah bisa saja membuat si kecil bosan. Foto: Shutterstock
Meski tahun ajaran baru sudah resmi dimulai pada 13 Juli lalu, mayoritas anak di Indonesia masih melakukan pembelajaran jarak jauh karena pandemi virus corona yang belum berakhir. Itu artinya, si kecil masih akan melakukan kegiatan belajar di rumah.
Membimbing anak belajar dari rumah bukan perkara mudah. Setuju, Moms? Apalagi ketika si kecil mulai tidak fokus, entah karena bosan atau merindukan suasana belajar di kelas.
Lantas, bagaimana caranya agar pembelajaran dari rumah tetap bisa berjalan efektif? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Rencanakan kegiatan menyenangkan

Tips agar Anak Bisa Efektif Belajar di Rumah (1216224)
Melakukan kegiatan bersama di sela-sela belajar di rumah bisa menjadi bonding time antara Anda dengan si kecil Foto: Shutterstock
Meski belajar di rumah, beberapa sekolah tetap menerapkan jam belajar seperti sekolah tatap muka. Mendengarkan penjelasan guru dari layar, bagi beberapa anak, bisa saja membuatnya bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat merencanakan kegiatan yang menyenangkan setelah si kecil selesai sekolah online, Moms.
Misalnya saja dengan membuat prakarya, memasak bersama makanan favoritnya, atau menonton film keluarga di Netflix. Selain meningkatkan mood anak, mengajaknya melakukan kegiatan bersama juga bisa menjadi bonding time antara Anda dengan si kecil, Moms.

2. Dampingi anak belajar

Tips agar Anak Bisa Efektif Belajar di Rumah (1216225)
Saat Anda mendampingi anak belajar, si kecil akan merasa diperhatikan. Foto: Shutterstock
Saat Anda mendampingi anak belajar, si kecil akan merasa diperhatikan. Namun, bukan berarti Anda segera membantunya mengerjakan tugas sekolah. Usahakan untuk mengajaknya berdiskusi mengenai pelajaran yang sulit dimengerti.
Selain itu, kenali gaya belajar anak. Ada anak yang mudah menguasai pelajaran dengan membaca, mendengarkan penjelasan, melihat animasi, bahkan mempraktikkan pelajarannya langsung.

3. Luangkan waktu untuk membantu anak mengulang pelajaran

Tips agar Anak Bisa Efektif Belajar di Rumah (1216226)
Saat mengulang pelajaran, Anda dapat menggunakan aplikasi e-learning agar proses belajar lebih menyenangkan. Foto: Shutterstock
Anak bisa saja lupa dengan pelajaran yang telah diajarkan saat pagi. Karenanya, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengulang pelajaran di malam hari misalnya.
Ketika melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi e-learning agar proses belajar lebih menyenangkan. Dalam aplikasi e-learning, anak akan melihat animasi menarik untuk menyerap pelajaran. Ada beberapa aplikasi e-learning yang bisa dipilih, misalnya Ruangguru, Edmodo, atau Zenius.
Untuk mengoptimalkan penggunaan e-learning, Anda dapat menggunakan paket internet dari Tri. Sebagai penyedia layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia, Tri menghadirkan tambahan kuota untuk mengakses aplikasi e-learning hingga 30 hari untuk seluruh pelanggan perdana dan paket AlwaysOn. Tambahan kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom, Moms.
Didukung jaringan 4,5G Pro yang kini sudah 8x lebih cepat dengan jaringan yang lebih luas dan kuat dari Tri, proses belajar anak selama di rumah akan semakin terbantu.
Tak hanya itu, Tri juga memberikan manfaat lain guna semakin mendukung proses belajar dari rumah. Anda dapat menukarkan poin BonusTri dengan voucher potongan 50% untuk aplikasi Ruangguru.
Jika Anda pelanggan baru, jangan khawatir. Tri akan memberikan voucher cashback pulsa beruntun selama tiga bulan setiap pengisian pulsa. Voucher cashback tersebut bisa digunakan untuk membeli kuota maupun menelepon. Pelanggan yang pertama kali mengunduh aplikasi Bima+ lewat AppStore maupun Google Playstore juga akan mendapatkan kuota tambahan sebesar 6 GB.
Walaupun di rumah aja, Anda tetap bisa membeli perdana Tri dengan mengakses website perdana.tri.co.id dan tunggu barangnya sampai di rumah. Tak perlu khawatir nomornya susah diingat, Moms. Website ini juga menyediakan beragam nomor cantik dan pilihan kuota sesuai kebutuhan. Menarik kan, Moms?
Nah mulai sekarang, yuk buat belajar dari rumah makin efektif dengan Tri Indonesia!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tri Indonesia
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white