Tips agar Ayah Mau Ikut Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

2 September 2020 11:57
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi membersihkan rumah. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membersihkan rumah. Foto: Shutterstock
Urusan mengurus pekerjaan rumah tangga biasanya identik dengan tugas ibu. Padahal, ayah juga bisa diajak bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga lho, Moms.
Apalagi, jika Anda dan suami sama-sama bekerja dan punya tanggung jawab di luar rumah. Rasanya pasti capek sekali bila harus mengerjakan tugas rumah tangga sendirian, ya.
Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengajak suami Anda berbagi tugas rumah tangga. Nah Moms, agar ia mau melakukannya dengan tulus ikhlas, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dikutip dari Young Parents.
Ilustrasi ayah sedang membersihkan rumah. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ayah sedang membersihkan rumah. Foto: Shutterstock

Cara Membujuk Ayah Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

1. Mengatakan dengan Baik-baik

Suami Anda mungkin enggan membantu Anda, sebab bisa jadi Anda memintanya dengan nada memerintah atau menyuruh. Oleh sebab itu, cobalah minta suami Anda dengan perkataan yang lembut, misalnya.
"Sayang, pekerjaan rumah tangga akan terasa ringan bila dikerjakan bersama-sama. Yuk, kita berbagi tugas, agar pekerjaannya cepat selesai."

2. Memuji Ayah saat Melakukan Pekerjaan Rumah

Memuji kerap dilupakan oleh istri ketika suami selesai bersih-bersih rumah. Bahkan, ada pula yang jadi marah-marah karena ayah mungkin tidak terlalu bersih mengepel lantai, misalnya.
Ya Moms, mulai saat ini, jangan lagi memarahi suami Anda setelah melakukan pekerjaan rumah, ya. Sebaiknya Anda justru memujinya, agar ia semangat melakukan pekerjaan rumah tangga lagi. Misalnya ketika ia mencuci piring kotor sehabis makan dan meletakkannya kembali di rak piring, atau memasukkan pakaian kotor yang ada di kamar mandi ke mesin cuci, maka puji usahanya.
Ayah bersama anaknya membereskan rumah Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ayah bersama anaknya membereskan rumah Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan

3. Memberikan Tugas yang Ayah Suka

Ketika suami Anda terlihat lebih menikmati saat membereskan kebun, berikanlah tugas itu untuknya seratus persen. Artinya, Anda jangan pernah membersihkan kebun atau taman saat suami ada di rumah, Moms. Dengan begitu, ia akan terbiasa berpikir bahwa itu bagiannya dalam tugas rumah tangga. Tentu Anda bisa mengambil alih tugas itu pada kondisi tertentu.

4. Apresiasi Usaha Suami

Melihat suami tetangga terlihat rajin dari si ayah, mungkin membuat Anda ingin membandingkannya. Namun jangan melakukan hal itu, Moms. Coba lihat hal-hal kecil yang sudah suami lakukan untuk Anda saat Anda mengurus si kecil. Banggakan dia bahwa ia adalah suami dan ayah yang cekatan ketika dimintai pertolongan. Dengan begitu, suami tak lagi cemberut ketika Anda meminta tolong.