Mom
·
10 September 2021 18:47
·
waktu baca 3 menit

Tips Agar Produksi ASI Sama Banyak di Kedua Payudara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Agar Produksi ASI Sama Banyak di Kedua Payudara (77169)
searchPerbesar
Tips Agar Produksi ASI Sama Banyak di Kedua Payudara Foto: Shutterstock
Produksi ASI yang berlimpah, tentu jadi harapan setiap ibu menyusui. Umumnya soal banyak atau sedikitnya produksi ASI ini semakin disadari bila ibu sering memompa payudara untuk mengeluarkan ASI-nya.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, ibu bisa saja mendapati produksi ASI pada satu payudaranya lebih banyak dari payudara yang lain. Jika hal tersebut terjadi, tak perlu khawatir. Menurut Australian Breastfeeding Association, ini merupakan hal normal kok, Moms.
Produksi ASI pada kedua payudara yang tidak seimbang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya karena preferensi bayi, beberapa bayi mungkin lebih suka menyusu pada satu payudara. Sehingga, dapat menyebabkan pasokan ASI jadi lebih banyak di payudara yang lebih disukai si kecil.
Let-down reflex (LDR) yang dikeluarkan dari payudara juga bisa membuat perbedaan pasokan ASI Anda.
Lantas adakah cara agar kedua payudara bisa memproduksi ASI yang sama banyaknya?

6 Tips Agar Produksi ASI Sama Banyak di Kedua Payudara

Tips Agar Produksi ASI Sama Banyak di Kedua Payudara (77170)
searchPerbesar
menyusui bayi Foto: shutterstock
1. Menyusui saat bayi lapar
ADVERTISEMENT
Bayi yang lapar akan sangat semangat saat menyusu, dan refleks mengisap mereka dapat membantu meningkatkan suplai ASI pada payudara yang kurang memproduksi ASI. Kemudian, jangan lupa untuk menyusui bayi bergantian di kedua sisi payudara agar mempertahankan suplai ASI yang merata.
2. Menyusui lebih sering di payudara yang ASI-nya sedikit
Dengan menyusui lebih sering di payudara yang memproduksi sedikit ASI, akan membantu meningkatkan produksi ASI Anda, Moms. Refleks mengisap pada bayi dapat merangsang lebih banyak produksi ASI pada payudara yang berproduksi sedikit.
Namun, jangan sampai mengabaikan untuk menyusui di payudara yang berproduksi tinggi karena dapat menyebabkan pembengkakan dan akan menimbulkan masalah baru seperti mastitis.
3. Hindari menyusui di satu sisi
Anda harus menyusui bayi di kedua payudara sejak hari-hari pertama menyusui untuk menghindari produksi ASI yang tidak merata. Jadi cobalah untuk selalu menyusui bergantian di kedua payudara.
Tips Agar Produksi ASI Sama Banyak di Kedua Payudara (77171)
searchPerbesar
Agar ASI banyak, pijat payudara sebelum menggunakan pompa. Foto: Shutterstock
4. Pijat dengan tangan
ADVERTISEMENT
Mengutip Mom Junction, coba pijat payudara Anda yang memproduksi sedikit ASI dengan tangan. Ini akan membuat produksi ASI menjadi lebih banyak, Moms. Caranya dengan melakukan pijatan dari pangkal ke arah puting.
5. Memerah ASI
Anda juga bisa menggunakan pompa payudara untuk memerah ASI dari payudara yang produksinya lebih sedikit. Ini dapat dilakukan setelah menyusui si kecil agar meningkatkan produksi ASI. Sebab perlu Anda pahami bahwa produksi ASI disesuaikan dengan permintaan, sehingga memompa ASI dapat membantu jika bayi menolak menyusu di payudara yang ASI-nya sedikit.
6. Ubah preferensi bayi
Jika bayi kurang suka menyusu di payudara yang ASI-nya sedikit, maka minta bayi untuk menyusu di sisi yang kurang disukainya dengan mengubah posisi menyusui. Jadi cobalah untuk menyusui di sisi yang kurang disukainya ketika si kecil sangat lapar atau lelah agar terhindar dari penolakan.
ADVERTISEMENT
Anda juga perlu mengidentifikasi dan mencari tahu apa yang menyebabkan bayi tidak suka menyusu di sisi payudara tertentu. Mungkin bayi tidak suka menyusu karena posisinya yang tidak nyaman atau bisa karena penyebab lainnya.