kumparan
search-gray
Mom14 Mei 2018 17:18

Tips Aman Bersihkan Mata Bayi

Konten Redaksi kumparan
Mata bayi
Nasib buah hati harus diperhatikan (Foto: Thinkstock)
Mata merupakan organ tubuh yang sangat vital, tak terkecuali bagi bayi. Bayi baru lahir, utamanya sering mengeluarkan kotoran mata. Kotoran mata tersebut, bahkan sering kali lengket dan membuat bayi sulit membuka mata.
ADVERTISEMENT
Tapi Anda tak perlu khawatir, Moms. Anda hanya perlu rutin membersihkan mata si kecil.
Lalu, bagaimana cara membersihkan mata bayi secara aman?
Membersihkan mata bayi.
Membersihkan mata bayi. (Foto: Thinkstock)
Langkah pertama, pastikan Anda menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan mata si kecil. Seperti, cotton bud, air hangat, dan sapu tangan atau handuk yang bersih dan lembut.
Jangan lupa, cuci tangan Anda sampai bersih untuk menghindari kemungkinan kuman atau bakteri berbahaya masuk ke mata bayi saat Anda mengusap matanya.
 Ilustrasi kesehatan mata bayi
Ilustrasi kesehatan mata bayi (Foto: Thinkstock)
Setelah itu, baringkanlah bayi Anda di permukaan yang rata dan lembut. Anda bisa melapisi handuk di tempat tidurnya.
Celupkan cutton bud ke dalam air hangat dan usap ke mata bermula dari bagian tengah hingga ujung mata di dekat pangkal hidung bayi. Namun ingat, jangan sampai kena bola matanya ya, Moms. Lakukan secara lembut dan perlahan, jangan terlalu kuat menekan mata si kecil.
ADVERTISEMENT
Ulangi beberapa kali hingga kotoran yang menempel di sekitar mata terangkat. Ganti cutton bud yang Anda gunakan setiap kali melakukannya, agar kotoran yang mengandung kuman tidak kembali ke mata.
Jika mata sudah cukup bersih, Anda bisa mengeringkan mata bayi menggunakan sapu tangan atau handuk yang bersih dan lembut. Cukup dengan menepuknya secara perlahan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white