kumparan
search-gray
Mom3 Juni 2018 13:53

Tips Aman Menyetir Mobil saat Hamil

Konten Redaksi kumparan
Tips Aman Menyetir Mobil saat Hamil  (61818)
Menyetir mobil saat hamil. (Foto: Thinkstock)
Wanita mandiri biasanya ingin melakukan berbagai aktivitasnya sendiri, tak terkecuali saat mengendarai mobil. Tapi, bagaimana jika kegiatan menyetir mobil dilakukan oleh wanita hamil? Apakah aman?
ADVERTISEMENT
Banyak yang berpikir bahwa menyetir mobil adalah aktivitas berbahaya bagi ibu hamil, apalagi jika perutnya sudah kian membesar. Padahal, ibu hamil sebenarnya boleh menyetir mobil, asalkan kehamilannya dalam kondisi aman, sehat dan rentan mengalami komplikasi. Ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk mengendarai mobil saat hamil.
Jika mendapat lampu hijau, Anda bisa coba lakukan tips berikut agar aman dan nyaman selama menyetir mobil.
Jangan menyetir dengan jarak yang terlalu jauh
Hindari menyetir jarak jauh, khususnya ketika Anda merasa pusing dan mual. Namun, jika Anda terpaksa harus menyetir jauh, pastikan untuk berhenti beberapa kali dan istirahat sebentar. Terutama jika tulang bagian belakang dan punggung mulai terasa pegal dan sakit.
ADVERTISEMENT
Gunakan bantal
Gunakan bantal untuk mengganjal punggung bagian belakang agar terasa lebih nyaman dan membuat Anda tidak pegal selama menyetir.
Perhatikan posisi duduk
Tips Aman Menyetir Mobil saat Hamil  (61819)
Menyetir mobil saat hamil. (Foto: Thinkstock)
Hindari posisi duduk yang terlalu maju agar perut tidak terlalu menempel pada setir mobi. Tekanan yang diberikan setir pada perut bisa berbahaya untuk janin Anda, Moms. Pastikan jarak setir dan perut sekitar 10 sampai 25 cm.
Lakukan peregangan
Sebelum menyetir, Anda bisa melakukan perenggangan singkat untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga ibu hamil terhindar dari kaki bengkak saat menyetir.
Gunakan baju yang nyaman
Kenakan baju hamil yang nyaman dan tidak menghambat ruang gerak Anda. Ini berguna agar Anda lebih nyaman dan memudahkan pergerakan selama mengemudi.
ADVERTISEMENT
Sediakan camilan
Selalu sediakan camilan dan juga air putih di dalam mobil. Hal tersebut bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kelaparan di dalam mobil.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white