kumparan
7 Mei 2018 8:52

Tips Atasi Bayi Susah tidur

Ilustrasi Bayi Tidur Nyenyak
Ilustrasi Bayi Tidur Nyenyak (Foto: Tara Raye/Unsplash)
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bayi susah tidur. Mulai dari aktivitas harian bayi hingga pengaruh luar seperti kegaduhan yang menganggu bayi.
ADVERTISEMENT
Bila dibiarkan, tentu saja bisa menyebabkan gangguan pada kualitas tidur yang akhirnya berdampak pada kesehatannya. Tentu tidak mau kan, Moms? Nah, lalu bagaimana cara mengatasi bayi yang susah tidur? Simak tips atasi bayi susah tidur yang kumparanMOM (kumparan.com) rangkum berikut:
Atur pola tidur
Ilustrasi bayi
Ilustrasi bayi. (Foto: Shutterstock)
Meski terlihat sederhana, mengatur rutinitas tidur yang tertib dan teratur ternyata penting lho, Moms. Anda bisa menetapkan jam tidur malam hari pada si kecil, misalnya jam 7 malam.
Pastikan jam tidurnya tidak berubah-ubah yang bisa membuatnya bingung dan justru susah tidur Moms. Maka dari itu, Anda perlu disiplin mengondisikannya.
Kurangi aktivitas melelahkan
Ilustrasi Mainan untuk Bayi
Ilustrasi Mainan untuk Bayi (Foto: Pixabay)
Upayakan untuk mengurangi aktivitas yang terlalu melelahkan atau yang membuatnya terlalu bersemangat menjelang waktu tidur.
ADVERTISEMENT
Jika perlu, Anda justru bisa melakukan kegiatan menjelang tidur yang menenangkan bayi. Misalnya ritual mandi air hangat diikuti pijatan pada sore harinya agar bayi bisa tidur nyenyak.
Atur cahaya kamarnya
Atur ulang pencahayaan kamar tempat bayi tidur agar lebih nyaman. Anda bisa membuatnya remang-remang atau tidak terlalu terang untuk memberi tanda pada bayi bahwa sudah saatnya ia tidur.
Hindarkan gangguan
Bayi Nyaman Dalam Bedong
Bayi Nyaman Dalam Bedong (Foto: Pixabay)
Saat jam tidur bayi, upayakan untuk tidak gaduh ya Moms. Hindarkan menyetel TV dengan volume terlalu kencang, percakapan malam yang gaduh, serta hal lainnya yang mungkin menganggu aktivitas tidur si kecil.
Dampingi
Skin to skin ibu dan bayi.
Skin to skin ibu dan bayi. (Foto: Thinkstock)
Jangan lupa untuk memeluk, mencium dan mengelus si kecil Moms. Mengetahui Anda berada di sampingnya, menjadikan ia tenang dan aman karena akan ada yang selalu menjaganya. Anda pun bisa meminta bantuan suami untuk melakukannya secara bergantian.
ADVERTISEMENT
Namun, jika bayi Anda tidak juga bisa tidur dengan nyenyak Anda bisa segera memeriksakan si kecil ke dokter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan