DAY 3 - COVER DONGENG ANAK  & TIPS & TRICK - KHUSUS JIS.jpg

Tips dan Trik Mengasah Pola Pikir dan Kreativitas Anak Sejak Dini

20 Juli 2020 10:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
com-Pada Festival Hari Anak hari ketiga, kumparanMOM berkolaborasi dengan JIS akan mengupas Makerspace secara lengkap bersama Jane Ross dan Hugo Indratno. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
com-Pada Festival Hari Anak hari ketiga, kumparanMOM berkolaborasi dengan JIS akan mengupas Makerspace secara lengkap bersama Jane Ross dan Hugo Indratno. Foto: kumparan
Kreativitas menjadi salah satu potensi anak yang perlu dikembangakan sejak dini. Dengan mengoptimalkan daya kreativitasnya, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, mampu menyelesaikan masalah, dan berani mencoba hal baru.
Melihat pentingnya mengasah pola pikir dan kreativitas anak, Jakarta Intercultural School (JIS) memperkenalkan metode pembelajaran di kelas Makerspace untuk memfasilitasi para murid sekolah dasar dalam membuat suatu project kreatif secara individual maupun berkelompok. Hal tersebut dapat mengembangkan pola pikir anak menjadi maker mindset. Saat anak terbiasa memiliki maker mindset, metode pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) akan lebih efektif untuk diterapkan nantinya.
Ya, anak akan diberi kebebasan untuk menyalurkan hobi dan keingintahuannya terhadap sesuatu. Sebuah maker mindset akan mendorong anak untuk memiliki kecintaan belajar sekaligus membentuk kreativitas berpikir. Tak hanya itu, maker mindset juga dapat mengoptimalkan kecerdasan motorik dan berpikir logis yang dapat mendukung model pembelajaran STEAM, Moms.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih maker mindset pada anak. Salah satunya dengan dongeng. Ketika mendengarkan dongeng, anak akan berimajinasi mengenai karakter-karakter di dalamnya. Nah Moms, pola pikir maker mindset dapat mendorong anak untuk membuat karakter tersebut menjadi nyata.
Lantas, bagaimana caranya melatih anak agar mempunyai maker mindset sejak dini? Apakah Makerspace bisa diterapkan di rumah? Tak perlu khawatir, di Festival Hari Anak, kumparanMOM berkolaborasi dengan JIS akan mengupas Makerspace secara lengkap bersama Jane Ross dan Hugo Indratno di Dongeng Anak bersama JIS, Sabtu, 25 Juli 2020 pukul 13.40 WIB, live di kumparan.com dan Youtube kumparan.
com-Jadwal hari ketiga Festival Hari Anak. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
com-Jadwal hari ketiga Festival Hari Anak. Foto: kumparan
Dongeng Anak merupakan salah satu rangkaian acara dari Festival Hari Anak yang digelar kumparan selama tiga hari, dari tanggal 23 Juli hingga 25 Juli 2020. Pada acara Dongeng Anak bersama JIS di hari ketiga Festival Hari Anak ini, kumparanMOM juga akan menghadirkan Awam Prakoso yang siap membacakan dongeng secara virtual.
Jadi, jangan sampai ketinggalan, Moms. Yuk ajak si kecil untuk menyaksikan keseruan dongeng anak bersama JIS di Festival Hari Anak nanti. Untuk info lengkapnya, follow dan pantau terus media sosial kumparan ya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Jakarta Intercultural School
Hari Anak Nasional 2020 akan dirayakan dengan suasana berbeda. Tak ada perayaan meriah, tanpa konser, tapi tetap harus bahagia. Pandemi menciptakan banyak batasan, namun jangan jadi halangan. Mari merayakan Hari Anak Nasional 2020 di kumparan.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G