Tips Kembangkan IQ dan EQ yang Seimbang untuk Kesuksesan Anak

4 Februari 2022 11:01
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tips Kembangkan IQ dan EQ yang Seimbang untuk Kesuksesan Anak (79134)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak sedang bermain. Foto: Shutterstock
Sebagian orang menganggap kecerdasan anak hanya berkaitan erat dengan angka IQ (intelligence quotient) atau kecerdasan kognitif saja. Ya, IQ menjadi tolak ukur kemampuan si kecil untuk memecahkan masalah, kecepatan daya tangkap terhadap ilmu baru, hingga kemampuan bahasa yang unggul.
Namun selain IQ, EQ (emotional quotient) atau kecerdasan emosi juga sama pentingnya. Bahkan penelitian berjudul “EQ vs. IQ Which is Most Important in the Success or Failure of a Student?” dari Fakultas Psikologi, Dimitrie Cantemir University, Romania (2012), mengungkapkan bahwa kesuksesan seseorang di kehidupan kerjanya justru dipengaruhi oleh 80 persen EQ dan 20 IQ. Dalam survei yang diikuti oleh 60 responden tersebut, pelajar dengan EQ tinggi memiliki kontrol yang baik saat menjumpai masalah, dan memahami perasaan orang lain, serta bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi.
Anak yang punya EQ tinggi juga mudah bersosialisasi dan memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Jadi jika IQ dan EQ berjalan seimbang, si kecil pun bisa tumbuh menjadi anak yang tidak hanya cerdas, namun juga tanggap dan peduli lingkungan sekitar, Moms.
Orang tua punya peran penting untuk menstimulasi IQ dan EQ anak agar seimbang sehingga dapat mendukung kehidupannya hingga dewasa. Stimulasi IQ dan EQ bisa dimulai dengan selalu menjalin komunikasi dua arah serta ajak anak berdiskusi tentang hal-hal yang ada di sekitarnya.
Misalnya, bercerita tentang kegiatan sehari-hari, atau bertanya pendapat anak tentang kegiatan apa yang ingin ia lakukan hari itu beserta alasannya. Cara tersebut bisa membantu mengasah bahasa dan komunikasi anak sejak dini, serta melatihnya agar lebih berani mengungkapkan pendapat.
Sesekali, tidak ada salahnya juga membiarkan anak untuk memecahkan masalahnya sendiri. Contohnya, saat memilih pakaian ketika akan bepergian, atau saat melihat kamarnya berantakan sehingga ia tidak dapat tidur nyenyak. Anda hanya perlu mendampingi dan memberi arahan kepada anak untuk mencari jalan keluarnya.
Selain itu, apa lagi cara yang bisa kita lakukan agar anak tumbuh dengan IQ dan EQ yang seimbang, Moms? Yuk, saksikan selengkapnya di IG Live A+ Talk “Pentingnya Keseimbangan IQ dan EQ untuk Sukses si Kecil di Masa Depan”, Rabu, 9 Februari 2022, pukul 16.00-17.00 WIB di Instagram @kumparanmom dan @enfaclub.
Tips Kembangkan IQ dan EQ yang Seimbang untuk Kesuksesan Anak (79135)
zoom-in-whitePerbesar
IG Live A+ Talk “Pentingnya Keseimbangan IQ dan EQ untuk Sukses si Kecil di Masa Depan”. Foto: kumparan
Di sini, Anda bisa mendengarkan informasi lengkap seputar IQ dan EQ, serta berbagai tips untuk stimulasinya langsung dari Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi. Selain itu ada momfluencer, Chelsea Olivia dan Nia Elvira yang siap berbagi cerita tentang kiatnya dukung kesehatan dan kecerdasan anak, terutama di usia keemasannya.
Belum selesai, jangan ketinggalan mengikuti sesi giveaway berhadiah saldo digital senilai total Rp 1,5 juta untuk 3 pemenang. Menarik, kan? Bookmark artikel ini dan tandai jadwalnya di kalender smartphone Anda agar tidak ketinggalan talkshow bersama Enfagrow ini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Enfagrow
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020