kumparan
4 Mei 2018 16:50

Tips Kencan Anti Galau untuk Single Mom

Mandiri merawat anak menjadi single mom
Mandiri merawat anak menjadi single mom (Foto: Dok. Pixabay)
Mencoba menjalin kembali hubungan dengan seseorang setelah berpisah dengan suami, bisa saja menimbulkan kecemasan tersendiri bagi Anda. Ada ragu, galau, atau mungkin bingung bagaimana caranya. Karena sekarang, urusan kencan atau menjalin hubungan asmara bukan sekadar tentang diri sendiri. Sebagai single mom, kali ini Anda perlu juga mempertimbangkan soal anak.
ADVERTISEMENT
Tapi tenang Moms, tidak perlu khawatir berlebihan. Jalani dengan perlahan-lahan hingga Anda benar-benar siap untuk berhubungan dengan pria yang nantinya sekaligus akan menjadi ‘ayah baru’ bagi anak Anda.
Anda juga dapat mengikuti tips berikut ini untuk bisa berkencan lagi:
Membuka Diri
Masa lalu, cukup Anda terima dan maafkan sebagai pelajaran hidup yang berharga. Kini dan nanti adalah saat Anda dan anak tercinta bangkit menjalani hidup dan bahagia. Tak terkecuali, bagi pasangan baru Anda yang akan menyempurnakan kebahagiaan keluarga kecil Anda. Maka, bukalah diri dan hati Anda untuk menyambutnya!
Jadi Diri Sendiri
Kini Anda adalah seorang wanita dewasa dan seorang ibu. Sampaikan kondisi ini sejak awal dengan jujur kepada calon pasangan Anda. Jangan menutup-nutupi apalagi sampai berbohong hanya karena takut pria akan menjauhi atau berkurang ketertarikannya pada Anda.
ADVERTISEMENT
Perluas Pertemanan
Sudah saatnya Anda ‘keluar’ dari zona nyaman Anda, Moms. Setelah membuka diri dan hati, Anda perlu pula mengusahakan untuk memperluas pertemanan Anda. Siapa tahu, di lingkaran teman Anda itu ada seseorang yang menurut Anda pantas dan bisa menjalani hubungan lebih lanjut?
Anda bisa juga meminta kerabat atau sahabat yang Anda percaya untuk mengenalkan Anda kepada seseorang. Jika cocok, kencan bisa berlanjut.
Kenalkan Anak Jika Siap
Ilustrasi ibu tunggal
Ilustrasi ibu tunggal (Foto: Thinkstock)
Jika sudah cukup yakin dan siap, Anda bisa mulai mengenalkan ia kepada anak Anda Moms. Pelan-pelan saja, jangan langsung berharap anak menyukainya. Maka, bersabarlah dan bantu ia untuk mengenal lebih dekat si kecil.
Namun bukan berarti semua teman kencan lantas semua Anda kenalkan kepada si kecil ya, Moms. Selain bisa membuat bingung, bisa saja anak malah berharap terlalu banyak sebelum waktunya dan akhirnya kecewa.
ADVERTISEMENT
Tetap Fokus dan Seimbang
Ingat, Anda memiliki si kecil yang harus mendapat perhatian penuh Anda. Maka, jangan membuat kencan Anda malah merusak hubungan Anda dengan anak. Atau, anak merasa Anda membagi perhatian yang seharusnya ia miliki. Tetap bijak mengurusi keluarga dan mencari pasangan baru Anda Moms.
Semoga berhasil!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan