Mom
·
25 September 2018 18:02

Tips Membuat Nasi Goreng yang Lebih Sehat untuk Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Membuat Nasi Goreng yang Lebih Sehat untuk Anak (12023)
Buat nasi goreng yang lebih sehat untuk anak (Foto: Shutterstock)
Seberapa sering Anda membuat nasi goreng untuk anak, Moms? Menu yang satu ini memang mudah dibuat, umumnya disukai anak dan bisa disajikan kapan saja. Mulai dari waktu sarapan, makan siang, hingga makan malam. Nasi goreng, juga bisa jadi menu andalan untuk bekal sekolah si kecil.
ADVERTISEMENT
Namun tahukah Anda, nasi goreng mengandung sekitar 228 kalori dalam 1 porsi sajian. Jumlah kalori ini bisa jadi lebih tinggi untuk jumlah nasi goreng yang sama namun dengan isi atau bahan-bahan pelengkap yang berbeda.
Maklum, karena nasi goreng adalah jenis makanan yang bisa dibuat dengan berbagai bahan maka jumlah kalori akan bervariasi karena jumlah dan jenis beras, minyak yang digunakan untuk memasaknya hingga bahan-bahan pelengkapnya. Misalnya saja bila Anda menggunakan telur, bakso, sosis, makanan laut, hingga ayam dan daging.
Tips Membuat Nasi Goreng yang Lebih Sehat untuk Anak (12024)
Ilustrasi nasi goreng (Foto: Dok. Thinkstock)
Meski begitu, ada lho Moms, cara untuk membuat nasi goreng yang lebih sehat untuk anak atau seluruh keluarga. Kuncinya, pastikan proses pengolahan dan bahan-bahannya Anda pilih dengan seksama. Berikut tips yang dapat Anda coba:
ADVERTISEMENT
1. Pilih Minyak yang Lebih Sehat
Tips Membuat Nasi Goreng yang Lebih Sehat untuk Anak (12025)
Ilustrasi minyak kelapa (Foto: Thinkstock)
Agar lebih sehat, cobalah gunakan minyak lain sebagai pengganti minyak sawit untuk membuat nasi goreng. Pasalnya, minyak sawit termasuk minyak yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi.
Anda bisa memilih minyak kelapa, jagung, zaitun ataupun canola sebagai gantinya. Selain mengandung lemak tidak jenuh tunggal atau ganda, jenis-jenis minyak ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan Anda seperti mengurangi risiko penyakit jantung.
2. Gunakan Wajan Antilengket
Tips Membuat Nasi Goreng yang Lebih Sehat untuk Anak (12026)
Alat dapur, wajan. (Foto: Thinkstock)
Memasak nasi goreng dengan wajan antilengket artinya Anda hanya perlu sedikit minyak goreng atau margarin saja. Gunakanlah kuas masak untuk mengolesi wajan dengan sedikit minyak, dan buat nasi goreng Anda tanpa takut nasi menempel atau gosong.
3. Perhatikan Api Kompor
ADVERTISEMENT
Hindari memasak nasi goreng dengan api besar. Gunakan saja api kecil dan pastikan Anda tidak memanaskan minyak terlalu lama atau sampai mengeluarkan asap. Selain bisa membuat hangus, api dan minyak yang terlalu panas juga dapat merusak nutris dari bahan-bahan yang Anda masak.
4. Ganti Berasnya
Tips Membuat Nasi Goreng yang Lebih Sehat untuk Anak (12027)
Beras merah kaya akan vitamin dan mineral (Foto: Thinkstock)
Sesekali, cobalah buat nasi goreng dengan beras merah, coklat, atau hitam yang lebih kaya serat. Anda dapat lebih dulu memasak beras di malam hari bila hendak menggunakannya untuk membuat nasi goreng di pagi harinya.
5. Pilih Pelengkap Sehat
Supaya nasi goreng untuk anak jadi lebih sehat, tambahkan bahan-bahan pelengkap seperti sayur-sayuran, daging ayam tanpa kulit atau daging tanpa lemak. Usahakan menggunakan daging segar dibandingkan dengan daging olahan seperti sosis atau bakso.
ADVERTISEMENT
6. Hindari Terlalu Banyak Penyedap
Tips Membuat Nasi Goreng yang Lebih Sehat untuk Anak (12028)
Bumbu dapur merica (Foto: stylecraze.com)
Hindarilah memberi terlalu banyak bumbu yang mengandung sodium atau garam tinggi. Misalnya menambahkan aneka saus atau penyedap rasa. Lebih baik, gunakan bumbu-bumbu dan rempah-rempah segar dan alami untuk memperkuat rasa. Misalnya bawang merah, bawang putih, lada, dan bumbu-bumbu lainnya.