kumparan
Mom16 April 2018 12:33

Tips Merancang Ulang Tahun Pertama Anak

Konten Redaksi kumparan
Pesta ulang tahun anak.
Pesta ulang tahun anak. (Foto: Thinkstock)
Tidak terasa sebentar lagi si kecil sudah berumur satu tahun. Kini saatnya Anda memikirkan, kira-kira tema ulang tahun apa ya yang cocok untuk si kecil?
ADVERTISEMENT
Eitss tidak hanya tema yang perlu Anda pikirkan, Moms. Tapi masih banyak hal lainnya yang perlu Anda pikirkan dan siapkan agar saat hari H tiba, tidak ada ‘bencana’ yang merusak hari ulang tahun anak.
Nah, agar Anda tidak bingung, kumparanMOM (kumparan.com) merangkum beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dan siapkan menjelang ulang tahun pertama si kecil:
Tentukan Waktu
Anak bangun tidur
Anak bangun tidur (Foto: Pixabay)
Anda tentu tahu betul jam tidur pagi atau siang si kecil kan, Moms? Nah, pastikan Anda tidak mengadakan pesta di waktu tidurnya. Amannya, adakan pesta ulang tahun di sore hari saat anak sedang segar dan siap beraktivitas
Pertimbangkan juga berapa lama acaranya akan berlangsung. Dikutip dari lama Today’s Parent, sebaiknya pesta ulang tahun hanya berlangsung selama satu sampai dua jam. Alasannya, anak yang berumur satu tahun belum memiliki energi yang cukup kuat untuk beraktivitas lebih dari dua jam secara non-stop.
ADVERTISEMENT
Memilih Tempat
Ilustrasi dekorasi ultah anak
Ilustrasi dekorasi ultah anak (Foto: Flickr)
Sebenarnya, si kecil akan merasa lebih aman dan nyaman ketika berada di lingkungan yang mereka kenal seperti rumah Anda atau rumah kakek-nenek yang sudah biasa dikunjunginya. Tapi jika Anda ingin pesta yang lebih besar, Anda bisa menyewa tempat makan atau restoran anak-anak yang ada di dekat rumah Anda.
Siapa Saja yang Akan Undang
Ingin menunjukkan rasa sayang Anda dengan menggelar pesta besar-besaran? Boleh-boleh saja sih, tapi Anda juga harus ingat berhubung si kecil baru berusia satu tahun apakah ia akan merasa nyaman dengan pesta yang dihadiri terlalu banyak orang. Kasihan dong, kalau anak merasa tidak nyaman di pestanya sendiri?
Apalagi bila kebanyakan tamu yang Anda undangan adalah orang yang belum dikenalnya. Bisa saja anak merasa enggan, malu bahkan takut bertemu mereka.
ADVERTISEMENT
Selain itu tentunya pikirkan juga berapa budget yang Anda dan suami miliki. Daripada memaksakan diri, Anda bisa membuat pesta kecil yang dihadiri oleh keluarga terdekat yang memang mengenal dan dikenal baik oleh anak.
Apa yang Harus di Sajikan
Ilustrasi kue cokelat
Ilustrasi kue cokelat (Foto: Thinkstock)
Jika Anda memilih berpesta di rumah dan mengundang anak-anak lain seusia si kecil, Anda bisa menyediakan beberapa camilan berupa finger food yang cocok dikonsumsi oleh anak bahkan bayi. Anda juga bisa menyajikan berbagai jenis kue lucu seperti cup cake, cake pop, atau permen untuk anak yang umurnya sudah lebih besar.
Hindari menyajikan soda, makanan pedas, atau makanan ringan yang mengandung banyak MSG, pewarna atau pengawet. Pestanya pasti akan lebih berkesan dengan ragam makanan yang tidak hanya sesuai dengan usia tamu-tamu kecil Anda tapi juga sehat, kan?
ADVERTISEMENT
Bingkisan untuk Dibawa Pulang
Ingin memberikan bingkisan ulang tahun untuk dibawa pulang oleh para tamu? Siapkan beberapa susu kemasan, yoghurt, biskuit gandum atau keju batangan sebagai alternatif makanan ringan yang tidak sehat. Bila ingin berbeda, Anda juga dapat memberikan bingkisan unik seperti sepaket alat mewarnai atau perlengkapan prakarya. Lebih berguna!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan