Mom
·
13 April 2020 16:12

Tips Merawat Masker Kain Keluarga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Merawat Masker Kain Keluarga  (117062)
Anak pakai masker Foto: Shutterstock
Di tengah pandemi virus corona seperti saat ini, Anda perlu melakukan berbagai cara untuk melindungi keluarga, salah satunya dengan menerapkan physical distancing. Meski begitu, bila dalam keadaan darurat Anda perlu keluar rumah, maka Anda harus memperhatikan aspek keamanan diri Anda. Salah satunya dengan menggunakan masker.
ADVERTISEMENT
Bila sebelumnya hanya orang sakit saja yang diharuskan menggunakan masker, namun mengikuti instruksi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) semua orang kini wajib menggunakan masker bila terpaksa bepergian keluar rumah. Masker sendiri ada banyak macamnya, namun yang disarankan untuk dipakai saat ini adalah masker kain berlapis tiga, sebab masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga kesehatan.
Tips Merawat Masker Kain Keluarga  (117063)
Ilustrasi Masker Kain Foto: Dok. Shutterstock
Lebih lanjut, menurut Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, masker kain dapat menangkal virus hingga 70 persen. Jadi Moms, bila keluarga di rumah menggunakan masker kain pastikan masker tersebut memiliki tiga lapis karena lebih efektif dalam menangkal virus. Selain itu, untuk menjaga agar masker kain tetap efektif digunakan, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memakainya, dan rutin mencuci masker tersebut.
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana caranya merawat masker kain? Lewat unggahan di Instagram resminya, Dinas Kesehatan Jawa Barat, membagikan tips cara merawat masker kain, seperti berikut:
1. Rutin mencuci
Tips Merawat Masker Kain Keluarga  (117064)
Masker kain dicuci Foto: Shutterstock
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah rutin mencuci masker. Namun perlu diperhatikan, air yang digunakan harus panas karena lebih efektif membunuh kuman. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), air bersuhu sekitar 60-65 derajat celsius mampu membunuh virus corona.
2. Gunakan deterjen
Tips Merawat Masker Kain Keluarga  (117065)
detergen Foto: dok.pixabay
Cuci menggunakan air panas bukan berarti hanya menyelupkan atau merendamnya di air dengan temperatur tinggi saja. Namun jangan lupa untuk menambahkan deterjen di dalamnya, Moms.
Jadi rendamlah masker milik Anda dan keluarga di dalam air panas dan deterjen selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu kucek masker sampai kotoran luruh, lalu bilas menggunakan air bersih yang mengalir.
ADVERTISEMENT
3. Keringkan
Tips Merawat Masker Kain Keluarga  (117066)
Masker kain dijemur Foto: Shutterstock
Setelah masker bersih kini saatnya untuk mengeringkan. Bagaimana caranya? Cukup dijemur saja di bawah sinar matahari, atau bisa juga menggunakan pengering panas bila Anda memilikinya, Moms.
4. Gunakan kembali
Tips Merawat Masker Kain Keluarga  (117067)
Masker kain Foto: Shutterstock
Masker Anda kini sudah bersih dan bisa digunakan kembali! Namun jangan lupa sebelum itu disetrika dan simpan di tempat bersih agar terlindung dari kotoran.
Sebagai tambahan, masker kain hanya digunakan untuk anggota keluarga yang sehat. Dalam satu kali pakai masker kain sebaiknya digunakan tidak lebih dari 4 jam atau segera diganti bila sudah basah atau terkena kotoran.
****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!