Tips Pilih Bra yang Nyaman untuk Ibu Hamil

4 November 2023 19:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi T-shirt Bra Foto: boozt
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi T-shirt Bra Foto: boozt
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan saat hamil adalah payudara. Ya Moms, bahkan perubahan payudara menjadi salah satu tanda kehamilan, seperti lebih sensitif dan lebih lembut.
ADVERTISEMENT
Nah, agar kehamilan terasa lebih nyaman, penting untuk mengenakan bra yang tepat. Sebab memakai bra yang tidak tepat selama kehamilan bisa menyebabkan sesak napas dan iritasi pada payudara.
Apalagi ukuran payudara saat hamil juga berubah dan mulai membesar. Sebab kelenjar pada payudara mulai mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI bagi bayi saat tiba waktunya ia lahir nanti.
Lantas, seperti apa bra yang tepat untuk ibu hamil? Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Pilih Bra yang Tepat untuk Ibu Hamil

1. Pilih Bahan yang Menyerap Keringat
Agar nyaman, Anda juga perlu memperhatikan bahan bra yang menyerap keringat. Anda bisa memilih bahan katun yang tidak hanya menyerap keringat tapi juga nyaman digunakan.
2. Hindari Bra Berbusa dan Kawat
ADVERTISEMENT
Payudara kian membesar seiring hormon kehamilan dan berat badan tubuh ketika hamil, maka Anda perlu menggunakan bra yang lebih fleksibel dan memiliki ruang bagi payudara Anda.
Anda bisa mengganti bra Anda dengan bra yang tidak berkawat namun tetap kuat menyangga payudara Anda. Atau jika tetap memerlukan bra berkawat, pastikan ukurannya longgar dan tali penyangganya cukup lebar.
3. Pilih Bra Menyusui
Bra menyusui. Foto: Shutterstock
Anda juga bisa memilih bra menyusui sejak masa kehamilan. Selain bisa dipakai jangka panjang hingga periode menyusui, jenis bra tersebut juga biasanya lebih nyaman digunakan.
4. Pilih Bra yang Dilengkapi Pengait
Ilustrasi melepas bra. Foto: Shutterstock
Pilih pula bra yang memiliki pengait di bagian bawah payudara. Dengan begitu, payudara Anda akan tersangga dengan lebih kuat.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, pilihlah bra yang memiliki banyak kaitan. Itu akan berguna untuk setidaknya membantu menyesuaikan ukuran payudara Anda yang bertambah.
5. Hindari Lipatan di Puting
Hal lain yang seringkali luput diperhatikan adalah lipatan di bagian puting. Sepele, namun jika salah memilih risikonya puting payudara Anda bisa lecet bahkan iritasi.
Maka, pilihlah bra hamil yang tidak ada lipatan atau jahitan kasar yang menonjol di sekitar bagian puting untuk mencegah potensi iritasi itu.
6. Sediakan Bra Secukupnya
Sediakan setidaknya 7 buah bra untuk sekadar digunakan bergantian dalam seminggu dan pastikan selalu kebersihannya.Tak perlu langsung membeli banyak bra baru, karena Anda kemungkinan akan perlu berganti ukuran bra seiring pertambahan usia kehamilan.