Mom
·
15 Agustus 2020 14:29

Tips Pilih Susu Terbaik untuk Anggota Keluarga dengan Intoleransi Laktosa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Pilih Susu Terbaik untuk Anggota Keluarga dengan Intoleransi Laktosa  (4534)
searchPerbesar
Ilustrasi keluarga dengan intoleransi laktosa minum susu Foto: Shutterstock
Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda pahami sebelum membeli susu terbaik untuk keluarga. Apalagi, bila Anda atau anggota keluarga Anda ada yang terindikasi mengalami intoleransi laktosa.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, Intoleransi laktosa adalah kondisi ketika tubuh seseorang tidak dapat mencerna laktosa dengan baik. Hal ini biasanya disebabkan karena tubuh tidak cukup menghasilkan enzim laktase untuk memecah laktosa. Laktosa sendiri merupakan sejenis gula yang ada pada susu sapi.
Meski begitu, bukan berarti tidak bisa minum susu sapi, lho! Penderita intoleransi laktosa boleh minum susu sapi, selama susu yang diminum bebas laktosa!
Bagaimana cara memilih susu bebas laktosa terbaik untuk keluarga? Berikut beberapa tips dari kumparanMOM:
  1. Pastikan Bebas Laktosa

Tips Pilih Susu Terbaik untuk Anggota Keluarga dengan Intoleransi Laktosa  (4535)
searchPerbesar
Ilustrasi susu bebas laktosa. Foto: Shutterstock
Agar bebas laktosa, susu sapi harus diolah dengan proses enzimatis atau diberi penambahan enzim laktase. Enzim laktase sendiri merupakan enzim yang diproduksi tubuh untuk memecah laktosa yang ada pada susu. Jadi telitilah sebelum membeli, Moms. Pastikan susu yang hendak dibeli memang lactose free atau bebas laktosa dengan memastikannya pada tabel nutrisi yang tertera di kemasan.
ADVERTISEMENT
Soal rasa atau nutrisinya? Tidak usah cemas. Susu bebas laktosa tetap memiliki rasa yang enak. Nutrisinya pun tidak hilang, jadi Anda tetap bisa memperoleh kebaikan gizi yang sama dengan susu sapi biasa.
  1. Perhatikan Kandungannya

Tips Pilih Susu Terbaik untuk Anggota Keluarga dengan Intoleransi Laktosa  (4536)
searchPerbesar
Ilustrasi susu. Foto: Shutterstock
Bacalah baik-baik kandungan nutrisi dan komposisi pada tabel yang tertera pada kemasan susu (nutrition panel). Kita minum susu utamanya karena ingin mendapatkan kebaikan dan manfaatnya.
Jadi pilihlah produk susu yang terbuat dari susu segar untuk mendapatkan berbagai kebaikan tersebut. Kita juga perlu ingat, susu yang berkualitas harus banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari.
  1. Cermat Pilih Kemasan

Tips Pilih Susu Terbaik untuk Anggota Keluarga dengan Intoleransi Laktosa  (4537)
searchPerbesar
Ilustrasi menyimpan susu dalam kulkas Foto: dok.Shutterstock
Sebelum membayarnya di kasir, lihat baik-baik kondisi kemasan susu tersebut. Coba cek, apakah ada kemasannya yang robek atau rusak. Bila kemasannya rusak, jangan dibeli ya, Moms. Sebab, kondisi itu bisa saja memengaruhi kualitas susu di dalamnya.
ADVERTISEMENT
  1. Kedaluwarsa

Tips Pilih Susu Terbaik untuk Anggota Keluarga dengan Intoleransi Laktosa  (4538)
searchPerbesar
Ilustrasi wanita sedang minum susu Foto: Shutterstock
Sebelum membeli periksa dulu tanggal kedaluwarsa produk. Usahakan memilih susu yang tidak mengandung pengawet namun masa kedaluwarsanya cukup panjang. Terutama saat Anda memilih produk susu segar.
  1. Pilih yang Bisa Dinikmati Seluruh Anggota Keluarga

Tips Pilih Susu Terbaik untuk Anggota Keluarga dengan Intoleransi Laktosa  (4539)
searchPerbesar
Ilustrasi keluarga minum susu Foto: Shutterstock
Selain memerhatikan kandungan nutrisinya, jangan lupa pertimbangkan juga soal rasa agar susu bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.
Jangan sampai, anggota keluarga Anda malah malas minum susu bebas laktosa karena tidak cocok dengan rasanya.
Begitu juga dengan jenis susu bebas laktosa yang dipilih. Kalau anak yang lebih besar, suami atau Anda sendiri enggan minum susu bubuk karena merasa repot membuatnya, pertimbangkan membeli susu segar agar lebih mudah dikonsumsi dan praktis untuk semua.
ADVERTISEMENT
Anda bisa memilih MilkLife, salah satu susu segar bebas laktosa yang bisa jadi pilihan untuk seluruh anggota keluarga. MilkLife kini sudah dapat dibeli di Blibli.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan MilkLife