kumparan
22 Januari 2019 15:18

Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

Bayi merangkak.
Bayi merangkak. (Foto: Shutterstock)
Tumbuh kembang bayi pada satu tahun pertama terasa sangat cepat. Memasuki usia 3 bulan, ada banyak perkembangan bayi Anda, Moms. Pada usia ini, si kecil akan makin sering tersenyum dan menirukan ekspresi wajah Anda. Ia juga mulai bisa meraih mainan dan berinteraksi dengan orang lain. Senang, ya!
ADVERTISEMENT
Nah Moms, ketahui lebih lanjut tumbuh kembang bayi usia 3 bulan, seperti yang kumparanMOM rangkum berikut ini.
1. Berat dan tinggi badan normal bayi usia 3 bulan
Ilustasri Panjang Badan dan Berat Badan Bayi Baru Lahir
Ilustasri Panjang Badan dan Berat Badan Bayi Baru Lahir (Foto: Thinkstock)
Memasuki usia 3 bulan, pertumbuhan bayi secara fisik sudah terlihat berbeda jika dibandingkan saat baru dilahirkan. Menurut standar yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), bayi laki-laki usia 3 bulan normalnya memiliki berat badan 5,1-7,9 kg dan tinggi badan 57,6-65,3 cm. Sementara bayi perempuan normalnya memiliki berat badan 4,6-7,4 kg dan tinggi badan 55,8-63,8 cm.
2. Kemampuan motorik bayi usia 3 bulan
Ilustrasi Mainan untuk Bayi
Ilustrasi Mainan untuk Bayi (Foto: Pixabay)
Bayi Anda semakin aktif menggerakkan anggota tubuhnya di usia ini. Kakinya akan semakin kuat menendang, sementara tangannya sudah mampu untuk meraih mainannya. Anda dapat melatih koordinasi genggamnya dengan mengulurkan mainan padanya dan membiarkan si kecil menyentuh dan menggenggam mainan itu.
ADVERTISEMENT
3. Sudah kuat menahan kepala dan berguling
Ilustrasi Bayi Tengkurap
Ekspresi Bayi yang Perlu Anda Pahami Artinya (Foto: Pixabay)
Mengutip Baby Center, pada usia ini, bayi Anda sudah dapat menegakkan kepalanya dalam beberapa menit saat posisi didudukkan. Saat tengkurap, bayi Anda juga sudah bisa mengangkat kepala dan dadanya seperti sedang push-up.
Pada usia ini, bayi Anda mungkin sudah mulai bisa berguling sendiri, Moms. Meski begitu, tak perlu cemas jika bayi Anda belum bisa melakukannya. Setiap bayi punya tahap perkembangan yang berbeda-beda, Moms. Anda hanya perlu membantu si kecil dengan memberikan stimulasi yang tepat.
4. Kemampuan bahasa bayi 3 bulan
Ibu dan bayi
Ibu dan bayi (Foto: Shutterstock)
Pada usia ini, Anda akan semakin sering mendengar bayi mengoceh, jadi sering-seringlah mengajaknya berbicara. Si kecil pasti senang! Anda juga bisa membacakan cerita untuknya sebelum tidur. Meski belum bisa memahami artinya, hal itu bagus untuk membantu mengembangkan kemampuan bahasanya.
ADVERTISEMENT
5. Bayi mulai bisa mengenali orang terdekatnya
Ibu dan bayi.
Ibu dan bayi. (Foto: Shutterstock)
Pada usia 3 bulan, bayi Anda akan sering membagi senyumnya pada orang-orang yang familiar ia temui. Si kecil juga mulai mengenali suara orang terdekatnya, Moms. Sehingga ketika Anda mengajaknya berbicara, ia biasanya akan merespons dengan memberikan senyuman.
-----------------------------------------
Moms, yuk, pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan mengikuti topik Tumbuh Kembang Bayi yang khusus disiapkan kumparanMOM. Dalam topik itu, kami akan membahas tahapan tumbuh kembang bayi perbulan disertai dengan berbagai artikel menarik lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan