kumparan
search-gray
Mom26 Juli 2020 17:14

Unik Tapi Nyata: Ada Belasan Lubang di Puting Payudara Wanita

Konten Redaksi kumparan
Unik Tapi Nyata: Ada Belasan Lubang di Puting Payudara Wanita (1232753)
Ilustrasi perempuan memeriksa payudara sendiri. Foto: Foto: Shutterstock.
Tak banyak yang tahu, ada belasan celah atau lubang di payudara. Bahkan banyak perempuan yang juga tidak menyadarinya. Apakah Anda termasuk di antaranya, Moms?
ADVERTISEMENT
Bila ya, Anda perlu tahu dan paham, nih. Celah atau lubang kecil ini merupakan akhir dari saluran ASI (Air Susu Ibu) yang disebut saluran laktiferosa.
Laktiferosa adalah tabung yang membawa ASI dari tempat ASI dibuat di jaringan kelenjar payudara ke puting Anda. Jadi dari celah kecil tersebutlah ASI mengalir keluar dari tubuh ibu dan bisa diminum oleh bayinya.
Mengutip Very Well, jumlah Laktiferosa cukup banyak. Umumnya, seorang wanita punya 15 hingga 25 saluran ASI yang terletak di payudaranya yaitu pada area areola atau area gelap di sekitar puting payudara. Jadi bukan hanya satu lubang di puting susu saja!
Lantas kenapa celah atau lubang-lubang ini seolah tidak terlihat?
Unik Tapi Nyata: Ada Belasan Lubang di Puting Payudara Wanita (1232754)
ada banyak lubang ASI yang sangat kecil di payudara. Foto: Shutterstock

Lubang ASI yang sangat Kecil di Payudara

Kita sulit melihat sehingga kerap tidak menyadari adanya belasan lubang tempat keluarnya ASI, karena ukurannya memang sangat kecil menyerupai pori.
ADVERTISEMENT
Tapi ketika bayi menyusu pada payudara Ibu dengan pelekatan yang benar, gerakan rahang, gusi, dan lidah bayi akan membantu menarik ASI melalui saluran dan keluar dari puting susu ke mulut bayi Anda, Moms. Refleks let-down juga membantu ASI mengalir melalui saluran ASI dan keluar ke mulut bayi.

Perlu Dijaga

Agar produksi maupun keluarnya ASI dapat lancar, saluran ASI perlu dipastikan tidak tersumbat. Sumbatan pada saluran ASI, bisa menyebabkan pembengkakkan hingga infeksi.
Tak hanya itu, agar selalu lancar, ibu juga perlu rajin memijat payudara terutama sebelum menyusui si kecil atau memompa ASI.
Jadi yuk Moms, perhatikan lebih seksama payudara kita dan jaga selalu kebersihannya.
.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white