Mom
·
15 November 2020 11:07

Usia Berapa Anak Sebaiknya Berjalan Pakai Sepatu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Usia Berapa Anak Sebaiknya Berjalan Pakai Sepatu?  (10938)
Ilustrasi mengajak anak belajar jalan. Foto: Shutterstock
Orang tua mana yang tidak senang mendandani anak dengan berbagai pernak-pernik yang lucu-lucu, misalnya saja sepatu. Ya Moms, gemas rasanya ingin mendandani si kecil dengan sepatu berbahan kain lembut, sandal kulit lucu, sepatu karet dengan gambar superhero, sampai sepatu berbahan sol keras.
ADVERTISEMENT
Tentu, Anda berkeinginan untuk membelikan anak, satu atau dua pasang sepatu untuknya ya. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membeli sepatu untuk si kecil, sudahkah Anda tahu kapan waktu yang tepat anak sebaiknya berjalan pakai sepatu, Moms?

Usia Anak Boleh Berjalan Pakai Sepatu

Usia Berapa Anak Sebaiknya Berjalan Pakai Sepatu?  (10939)
Ilustrasi sepatu untuk balita. Foto: pixabay.com
Dilansir Baby Gaga, bayi sebenarnya tidak perlu memakai sepatu dari jenis sol keras sampai mereka bisa berjalan di luar atau sekitar berumur 15-24 bulan. Sampai saat itu tiba, tidak masalah orang tua membelikan anak sepatu dengan sol empuk atau terbuat dari karet.
Hal tersebut bukan tanpa alasan, Moms. Menurut American Academy of Pediatrics, penggunaan sepatu bersol keras pada anak dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki, kaki yang lemah, sampai hilangnya mobilitas pada si kecil. Hal ini bisa jadi penyebab anak susah berjalan.
ADVERTISEMENT
Namun sepatu bersol lembut, yang memungkinan kaki anak bergerak dan memiliki ruang bebas di dalam sepatu, tidak akan membatasi kemampuan kakinya untuk tumbuh. Meski tidak masalah memakaikan sepatu lembut pada anak bayi, tapi jika anak Anda masih mdalam masa merangkak atau berjalan, alangkah lebih baik tanpa alas kaki, Moms.

Biarkan Belajar Jalan Tanpa Alas Kaki

Usia Berapa Anak Sebaiknya Berjalan Pakai Sepatu?  (10940)
Ilustrasi Sepatu Balita Bertali Foto: Pixabay
Saat belajar berjalan, memakai sepatu hanya akan menghalangi kaki ketika mengambil langkah. Hal itu dikarenakan si kecil tidak bisa mencengkram lantai dengan kakinya. Oleh karena itu, ketika bayi seharusnya merasa bisa mengambil langkah dengan percaya diri, dia malah akan tertatih-tatih dengan ketidakmampuannya untuk tetap stabil.
Jadi, belajar berjalan tanpa alas kaki adalah cara terbaik bagi si kecil untuk mengambil langkah. Bayi dapat belajar keseimbangan, serta mengetahui cara untuk belajar tidak jatuh dan melaju ke depan. Jadi, biarkan pergelangan kaki kuat terlebih dulu, sebelum Anda memakaikannya sepatu, Moms.
ADVERTISEMENT