Usia Berapa Bayi Bisa Tengkurap Sendiri seperti Anak Dian Ayu Lestari?

17 Desember 2022 14:30
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Keluarga Dian Ayu Lestari dan Omesh. Foto: Instagram/@dianayulestari
zoom-in-whitePerbesar
Keluarga Dian Ayu Lestari dan Omesh. Foto: Instagram/@dianayulestari
Bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur dan menyusu. Namun seiring bertambahnya usia, si kecil akan mencapai berbagai tonggak perkembangan. Bahkan, terkadang perkembangan bayi yang pesat membuat ibu dan ayah terkagum-kagum.
Hal ini pula yang sedang dirasakan oleh ibu tiga anak, Dian Ayu Lestari. Sebab, putri bungsunya yang berusia empat bulan kini sudah bisa tengkurap sendiri. Lewat salah satu unggahan di laman Instagram pribadinya, istri dari Omesh ini membagikan momen saat Bulan berusaha untuk tengkurap sendiri.
“Asikkk adek Bulan semakin semangat tengkurap!! Umi cuman bantu dikit ajaaa sisanyaa hebat banget adek mau usaha.. apalagi disorakin suara merdu umi ya kan dek,” tulis Dian dalam keterangannya.
Ya Moms, dengan seruan bantuan sang ibu dari balik kamera, si kecil Bulan akhirnya berhasil tengkurap meski membutuhkan sedikit bantuan dari Dian. Wah, gemas, ya!
Bisa tengkurap sendiri merupakan salah satu perkembangan penting pada bayi. Artinya, tubuh bayi sudah lebih kuat dan keterampilan motoriknya berkembang dengan baik karena ia mampu menggerakkan tubuhnya lebih banyak.
Lantas, kapan umumnya bayi bisa tengkurap sendiri?

Usia Bayi Bisa Tengkurap Sendiri

Ilustrasi bayi baru lahir tengkurap. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bayi baru lahir tengkurap. Foto: Shutter Stock
Moms, umumnya bayi memang sudah bisa tengkurap sendiri di usia 4 bulan seperti anak Dian. Menurut American Academy of Pediatrics, kekuatan dan otot tubuh bagian atas si kecil sudah berkembang di usia ini. Sehingga, ia sudah mampu menggunakan lengannya untuk mendorong dirinya ke posisi tengkurap.
Meski begitu, ibu dan ayah perlu ingat bahwa perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Bahkan mengutip Parents, bayi berguling dari posisi berbaring ke posisi tengkurap bisa juga baru terjadi pada usia 5-6 bulan. Ada pula bayi yang baru bisa tengkurap sendiri saat 7 bulan, Moms.
Oleh karena itu, tak perlu terlalu khawatir dan membanding-bandingkan si kecil dengan bayi tetangga atau kerabat bila pada usia 4 bulan ia belum bisa tengkurap sendiri, ya. Bisa jadi, si kecil memang terlambat bisa tengkurap tapi ia justru mencapai tonggak perkembangan yang lain lebih dulu.
Moms, setiap bayi itu berbeda, unik, dan punya waktu tumbuh kembangnya sendiri. Cukup pastikan saja ibu dan ayah selalu memantau tumbuh kembangnya setiap hari dan jangan lupa untuk mendukungnya dengan memberikan stimulasi sesuai usianya.