Mom
·
7 Januari 2021 17:04

Waktu yang Tepat untuk Melatih Bayi agar Bisa Tidur Sendiri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waktu yang Tepat untuk Melatih Bayi agar Bisa Tidur Sendiri (24119)
Ilustrasi bayi tidur di dada ibu. Foto: Shutter Stock
Membuat bayi bisa tidur sendiri tanpa perlu menyusu atau digendong, tampaknya memang bukan hal yang mudah. Ya Moms, kebanyakan bayi bahkan harus diayun-ayun terlebih dahulu agar bisa tidur pulas.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, untuk mengurangi kerepotan Anda saat menidurkan bayi, Anda mungkin berpikir untuk memberikan sleep training kepada si kecil. Sleep training mengajarkan bayi agar bisa tidur sendiri tanpa bantuan. Itu berarti, bayi hanya perlu diletakkan di tempat tidur bayi dan ia akan tertidur dengan sendirinya, tanpa diayun, dipeluk, atau disusui. Sleep training juga mengajarkan bayi bagaimana ia tidur kembali setelah terbangun di malam hari.
Ternyata, melakukan sleep training tidak perlu menunggu bayi disapih. Lantas, kapan waktu terbaik mengajarkan bayi untuk tidur sendiri?

Waktu Terbaik Memberikan Sleep Training kepada Bayi

Waktu yang Tepat untuk Melatih Bayi agar Bisa Tidur Sendiri (24120)
Bayi Tidur Nyenyak Foto: Pixabay
Mengutip What to Expect, para ahli merekomendasikan untuk memulai sleep training saat bayi berusia 4 hingga 6 bulan. Rentang usia ini adalah titik yang tepat, karena secara fisik bisa bertahan selama enam hingga delapan jam dalam semalam tanpa perlu menyusu.
ADVERTISEMENT
Sekitar usia 4 bulan, beberapa bayi mengalami perubahan pola tidur sehingga ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan sleep training. Menurut Alanna McGinn, Konsultan Tidur Bersertifikat dan Pendiri Good Night Sleep Site, waktu tidur bayi menjadi berantakan karena mereka sedang mengembangkan keterampilan baru, seperti bergerak dan berguling.
Jika bayi Anda lebih tua dari 6 bulan, jangan khawatir, Moms, McGinn mengungkapkan tidak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan tidur yang baik bagi bayi. Bahkan dr. Michael Dickinson, Dokter Anak dan Presiden Canadian Pediatric Society, mengatakan usia 9 bulan juga bisa jadi yang bagus untuk memulai sleep training.
“Bayi 9 bulan berada pada usia yang baik untuk memahami rutinitas tidur dan tidak perlu menyusui di malam hari,” jelasnya seperti dikutip dari Today’s Parent.
ADVERTISEMENT

Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Sleep Training

Waktu yang Tepat untuk Melatih Bayi agar Bisa Tidur Sendiri (24121)
ibu dan bayi Foto: Shutterstock
Sebelum berpikir untuk memulai sleep training, pastikan Anda mengikuti jadwal yang teratur dan menidurkan bayi pada waktu yang konsisten setiap malam. Lebih awal lebih baik, dan biasanya sekitar jam 7 atau jam 8 malam.
Pastikan bayi sudah terjaga untuk jangka waktu yang sesuai sebelum mereka tidur karena bayi yang terlalu lelah atau bahkan kurang lelah akan sulit tidur. Sehingga buat rutinitas waktu tidur yang konsisten seperti menyusui, mandi, pijat, hingga mendongeng.
Beberapa ahli juga merekomendasikan agar bayi sudah kenyang sebelum tidur, agar mereka tidak terbiasa minta menyusu sebagai rutinitas tidur.
Nah Moms, ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk melatih bayi agar bisa tidur sendiri. Yuk, cek di artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT