kumparan
search-gray
Mom4 Juni 2018 11:31

Yang Perlu Diketahui Seputar Hamil Anak Kedua

Konten Redaksi kumparan
Yang Perlu Diketahui Seputar Hamil Anak Kedua  (74448)
Ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Kehamilan pertama dan kedua tentu punya sensasi berbeda. Karena pernah merasakan hamil dan melahirkan sebelumnya, ibu biasanya bisa melewati kehamilan anak kedua dengan lebih santai. Secara fisik pun, ibu bisa lebih siap menghadapi beragam bentuk perubahan tubuh selama hamil, serta tidak panik dengan gerakan-gerakan janin di dalam perut.
ADVERTISEMENT
Jika pada persalinan pertama ibu kerap khawatir dan panik, di persalinan kedua ibu biasanya bisa mengatur emosi lebih baik, sehingga dapat mempersiapkan proses bersalin dengan lebih tenang.
Tapi ingat Moms, hamil anak kedua artinya memberikan peran baru kepada anak pertama sebagai kakak. Oleh karena itu, Anda tak boleh lupa mempersiapkan mental si kakak untuk menyambut kehadiran adiknya nanti.
Yang Perlu Diketahui Seputar Hamil Anak Kedua  (74449)
Ilustrasi ibu hamil dan anaknya. (Foto: Thinkstock)
Wajar jika anak pertama Anda punya rasa takut tidak disayang lagi saat adiknya lahir nanti. Karenanya, Anda dan suami harus belajar berbagi kasih sayang, agar si kakak tidak merasa dikesampingkan.
Namun Anda juga perlu menegaskan bahwa adik bayinya nanti jelas memerlukan perhatian khusus. Jelaskan pada si kakak, bahwa adiknya belum bisa melakukan apapun sendiri, sehingga perlu selalu didampingi.
ADVERTISEMENT
Hal lainnya yang bisa Anda dan suami lakukan agar si kakak tidak iri dengan adiknya adalah membagi waktu. Saat suami Anda sedang sibuk bermain dengan anak kedua, Anda bisa mengajak anak pertama ikut bermain atau mengobrol sambil bermain puzzle di ruang tamu. Libatkan juga si kakak untuk membantu mengurus keperluan adik, agar ia dan adiknya belajar saling menyayangi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white