Mom
·
17 Oktober 2020 17:09

Yang Perlu Orang Tua Ketahui Seputar Finger Food untuk Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yang Perlu Orang Tua Ketahui Seputar Finger Food untuk Bayi (32015)
Ilustrasi bayi makan melon. Foto: Shutterstock
Ketika bayi berusia 6 bulan, maka Anda sudah bisa mengenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI untuk si kecil. Selain berbentuk bubur atau puree, Anda juga bisa mengenalkan si kecil dengan finger food atau makanan yang bisa bayi makan sendiri menggunakan tangannya.
ADVERTISEMENT
Namun sebelum mengenalkannya dengan finger food, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, Moms. Mulai dari kapan waktu yang tepat memperkenalkan makanan bayi tersebut, hingga apa saja yang sebaiknya diberikan dan tidak diberikan untuk si kecil.
Nah, yuk, simak beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memberikan finger food untuk bayi, seperti dikutip dari Baby Gaga.

1. Waktu yang Tepat Memperkenalkannya

Umumnya, makanan padat pertama yang perlu orang tua berikan pada bayi adalah yang berbentuk bubur. Olahan bubur biasanya lebih mudah dicerna oleh si kecil karena teksturnya yang sangat lembut. Oleh sebab itu, di awal pemberian MPASI, bayi sebaiknya makan bubur terlebih dahulu.
Nah, setelah berusia 8 bulan, barulah Anda bisa mengenalkannya pada finger food. Ya Moms, sebaiknya jangan berikan bayi finger food sebelum usia itu, sebab berisiko menyebabkan tersedak.
ADVERTISEMENT

2. Tak Perlu Menunggu Bayi Tumbuh Gigi

Yang Perlu Orang Tua Ketahui Seputar Finger Food untuk Bayi (32016)
Jenis makanan yang memungkinkan bayi untuk bisa makan sendiri dengan genggaman tangannya. Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan
Banyak orang tua yang beranggapan bahwa finger food baru bisa diberikan ketika bayi sudah tumbuh gigi. Padahal mengenalkan makanan bayi dengan tekstur ini lebih awal akan membuat gusi si kecil lebih kuat. Untuk mengetahui kapan anak siap untuk memakan finger food pertamanya, Anda cukup melihat bayi Anda duduk sendiri dan mengangkat kepalanya.

3. Melatih Motorik Anak

Memberikan bayi finger food bermanfaat untuk melatih motorik halusnya saat menggenggam dan mengarahkan makanan ke dalam mulutnya. Selain itu, finger food juga membantu merangsang pertumbuhan gigi dan melatih si kecil untuk makan sendiri serta terampil untuk mengunyah makanan yang bertekstur.

4. Finger Food Harus Mudah Dikunyah

Cobalah untuk memilih bahan yang mudah dikunyah atau cukup empuk dan lembut ketika dimakan oleh bayi. Hal ini juga dilakukan untuk mencegahnya tersedak, Moms. Untuk memastikan apakah makanan tersebut aman untuk si kecil, Anda perlu terlebih dahulu mencicipinya sebelum diberikan kepada bayi.
ADVERTISEMENT

5. Orang Tua Perlu Mengawasi Ketika Bayi Memakan Finger Food

Yang Perlu Orang Tua Ketahui Seputar Finger Food untuk Bayi (32017)
Ilustrasi Camilan MPASI untuk Bayi Foto: Shutterstock
Ketika memberikan finger food pada anak, pastikan untuk tidak meninggalkannya sendiri, Moms. Sebab dikhawatirkan, si kecil akan tersedak. Selain itu, jangan biarkan bayi Anda bermain atau berjalan-jalan saat mereka memakan finger food karena ini juga akan membuat anak tersedak.

6. Makanan yang Tepat untuk Finger Food

Tidak semua makanan cocok dijadikan finger food. Jadi, pilihlah makanan yang mudah dulu seperti buah yang lembut, misalnya pisang, persik, semangka, melon, dan beri-berian adalah pilihan yang bagus untuk makanan bayi. Hindari makanan yang sulit digigit dan dikunyah seperti kacang-kacangan, permen, buah kering, tomat ceri, dan buah anggur utuh, Moms.

7. Tak perlu banyak-banyak

Yang Perlu Orang Tua Ketahui Seputar Finger Food untuk Bayi (32018)
Ilustrasi bayi makan. Foto: Shutterstock
Untuk permulaan dan memancing minat bayi, Anda bisa meletakkan beberapa finger food pada piring atau nampan makannya. Biarkan anak Anda mengambil apa pun yang dia suka. Jika habis dan si kecil terlihat masih lapar, tambahkan beberapa potong lagi, Moms. Sering-seringlah memberikan finger food sebagai camilan anak.
ADVERTISEMENT