kumparan
3 Oktober 2019 21:52

10 Pimpinan MPR 2019-2024 Resmi Dilantik, Bamsoet Ketua

Sidang Paripurna MPR RI, Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo (kedua kanan) menghadiri sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
10 pimpinan MPR secara resmi telah dilantik dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Ketua MPR serta sembilan Wakil Ketua MPR diminta untuk mengikuti sumpah jabatan yang diucapkan Hatta Ali.
ADVERTISEMENT
"Sebelum memangku jabatan ketua dan wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, saudara-saudara wajib bersumpah menurut agama Islam, apakah saudara-saudara bersedia bersumpah menurut agama Islam?," tanya Hatta Ali di ruang rapat paripurna MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).
"Bersedia," jawab serempak 10 pimpinan.
10 pimpinan MPR yang dilantik yaitu Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR, kemudian para Wakil Ketua MPR yaitu Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra), Arsul Sani (PPP), Rahmat Gobel (NasDem), Jazilul Fawaid (PKB), Hidayat Nur Wahid (PKS), Syarief Hasan (Demokrat), Zulkifli Hasan (PAN), dan Fadel Muhammad (DPD).
Infog 10 Pimpinan MPR 2019-2024
Infog 10 Pimpinan MPR 2019-2024. Foto: Kiagoos Aulianshah/ kumparan.
Hatta Ali melanjutkan, patut diingat bahwa sumpah yang akan diuapkan merupakan tekad untuk memperjuangan aspirasi rakyat dan aspirasi daerah yang saudara wakili. Kemudian, Hatta Ali membacakan sumpah jabatan.
ADVERTISEMENT
"Memegang teguh pancasila, menegakan UUD 1945 dan menjalankan peraturan perundangan Republik Indonesia, saya harap saudara-saudara mengikuti lafal sumpag yang akan saya pandu," ucap Hatta Ali yang diikuti para pimpinan MPR.
"Dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta peraturan Perundangan-undangan. Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar para pimpinan MPR.
Setelah mengucap sumpah jabatan, Ketua dan pimpinan MPR dan Hatta Ali menandatangani Berita Acara Pelantikan. Setelah itu, Hatta Ali menyalami satu per satu pimpinan MPR yang sudah dilantik. Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan