kumparan
9 Mei 2019 10:21

2.047 Personel Gabungan Amankan Pleno Rekap Suara Pemilu DKI Jakarta

Polisi bersiap untuk mengamankan rapat pleno di Hotel Bidakara. Foto: Darin Atiandina/kumparan
KPU DKI Jakarta akan menggelar rapat pleno untuk merekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi di Ruang Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Rapat pleno akan berlangsung selama 4 hari, terhitung mulai hari ini hingga Minggu (12/5).
ADVERTISEMENT
Pantauan di lokasi, para personel gabungan sudah terlihat berjaga sejak pukul 09.00 WIB. Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Jakarta Selatan menerjunkan 2.047 personel gabungan untuk mengamankan jalannya rapat pleno.
“Jumlah personel yang terlibat adalah 2.047 personel, terdiri dari Kepolisian Polda Metro Jaya, kemudian Polres Metro Jakarta Selatan, polsek, diback up oleh unsur TNI. Kodam Jaya,” kata Kapolres Jaksel Kombes Pol Indra Jafar usai menggelar apel penjagaan di kawasan Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (9/5).
Kapolres Jaksel Kombes Pol Indra Jafar saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto: Darin Atiandina/kumparan
“Kemudian ada unsur-unsur lain dari pemerintah daerah, Satpol PP, Sudin Perhubungan, termasuk dinas provinsi juga hadir. Kemudian damkar juga kita libatkan,” lanjutnya.
Indra mengatakan, pengamanan sendiri dibagi menjadi 4 wilayah atau ring, yang tersebar di sekitar gedung dan lalu lintas di sekitar lokasi.
ADVERTISEMENT
“Kita bagi dalam beberapa ring, yang kita bagi mulai dari ring 1 di Gedung Bidakara dan sekitarnya. Kemudian ring 2 sekitar gedung, ring 3 jalan sekitar gedung, ring 4 jajaran lalu lintas Sudin Perhubungan memantau kendaraan yang melintas di sekitar tempat ini,” jelas Indra.
Kapolres Jaksel Kombes Pol Indra Jafar berbicara saat berkoordinasi untuk mengamankan rapat pleno penghitungan suara di DKI Jakarta. Foto: Darin Atiandina/kumparan
Selain itu, di sekitar Hotel Bidakara juga disiagakan kendaraan anti-anarki milik kepolisian hingga mobil pemadam kendaraan.
“Sesuai dengan protap, tentunya kita dalam rangka mengantisipasi yang sifatnya menghalau massa. Sudah kita siapkan ada kendaraan AWC, APC, kemudian kendaraan anti-anarkis, sepeda motor, dan pasukan dengan kualifikasinya masing-masing,” ujar Indra.
Ia mengimbau masyarakat agar tertib dan mendukung proses rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU selama empat hari ke depan.
ADVERTISEMENT
“Saya mengimbau masyarakat mari kita mendukung bersama-sama proses rekapitulasi daripada hasil pemungutan suara di wilayah DKI,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan