kumparan
search-gray
News25 Juni 2020 10:59

2 Kali Prabowo Kunjungi Rusia dalam 6 Bulan Terakhir

Konten Redaksi kumparan
2 Kali Prabowo Kunjungi Rusia dalam 6 Bulan Terakhir (447183)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menerima.kedatangan tim penjemput alkes dari China. Foto: Dok. Humas Kemhan
Kunjungan kerja (kunker) yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kembali mendapatkan sorotan. Selama 6 bulan terakhir, Prabowo dua kali melakukan kunker ke Rusia.
ADVERTISEMENT
Yang menjadi sorotan, kunker tersebut dilakukan di tengah pandemi virus corona. Meski, di kunjungan pertama, pandemi corona di Rusia belum sebesar saat ini.
Saat ini, ibu kota Rusia yaitu Moskow masih menjadi episentrum penyebaran virus. Bahkan dalam 24 jam terakhir, ada penambahan 7 ribu kasus baru di Rusia.
Apa saja kegiatan kunker Prabowo di Rusia selama 6 bulan terakhir?
1. Bertemu Menhan Rusia, Bahas Kerja Sama Penguatan Teknik Militer
Prabowo bertemu dengan Menhan Rusia Sergei Shoigu di Moskow pada 28 Januari 2020 lalu. Dalam pertemuan itu, keduanya sepakat meningkatkan hubungan dan kerja sama di bidang pertahanan dan teknik militer.
2 Kali Prabowo Kunjungi Rusia dalam 6 Bulan Terakhir (447184)
Menhan Prabowo Subianto berjabat tangan dengan Sergei Shoigu saat berkunjung ke Moskow, Rusia, Selasa (28/1). Foto: Dok. KBRI Moskow
"Hubungan persahabatan Indonesia dengan Rusia di bidang pertahanan dan keamanan telah terbangun cukup lama. Rusia yang sebelumnya Uni Soviet telah banyak membantu Indonesia di bidang teknik militer," kata Prabowo dikutip dari rilis KBRI Moskow, Kamis (30/1).
ADVERTISEMENT
Kunjungan tersebut disebut sebagai peristiwa bersejarah penting tahun ini bagi kedua negara. Sebab, pertemuan meka bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang diperingati 3 Februari 2020.
2 Kali Prabowo Kunjungi Rusia dalam 6 Bulan Terakhir (447185)
Pertemuan Menhan Prabowo dengan Menhan Rusia. Foto: Dok: KBRI Moskow.
2. Menghadiri Parade Kemenangan Rusia Atas Jerman
Enam bulan berselang, Prabowo kembali kunker ke Rusia pada Selasa (23/6). Dalam kunjungannya, Prabowo bertemu langsung dengan Wakil Menhan Rusia Colonel General Alexander Fomin di Kantor Kementerian Pertahanan Rusia di Moskow.
Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi langsung oleh Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemenhan Brigjen Rui FGP Duarte dan Dubes RI untuk Rusia Wahid Supriyadi.
2 Kali Prabowo Kunjungi Rusia dalam 6 Bulan Terakhir (447186)
Pertemuan Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto dengan Wamenhan Rusia, Colonel General Alexander Fomin, Selasa (23/6) Foto: Instagram/@kemhanRI
Pertemuan bilateral itu disampaikan pihak Kementerian Pertahanan melalui unggahan di akun Instagram resmi @Kemhanri. Dalam unggahan foto itu, terlihat Prabowo bertemu dengan sejumlah pejabat Kemhan Rusia di sebuah ruangan dengan tetap mengenakan masker.
ADVERTISEMENT
Dalam keterangannya, kunjungan ini disebut turut membicarakan sejumlah kerja sama pertahanan yang dijalin kedua negara.
"Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak membicarakan hubungan bilateral dan kerja sama di berbagai bidang termasuk pendidikan, latihan bersama, serta kerjasama industri pertahanan," tulis keterangan foto tersebut seperti yang dikutip kumparan, Rabu (24/6).
Selain pertemuan bilateral, Prabowo juga menghadiri parade militer untuk memperingati kemenangan Rusia atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.
"Menhan RI berada di Rusia dalam rangka menghadiri undangan Menhan Rusia pada Parade Ulang Tahun ke-75 Kemenangan Rusia terhadap Jerman pada Perang Dunia II tahun 1941-1945," tulis keterangan resmi Kemenhan RI.
Saat menghadiri parade, Prabowo juga sempat berfoto dengan Menhan China, Wei Fenghe.
ADVERTISEMENT
==========
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white