kumparan
search-gray
News11 Juni 2019 17:33

25 Persen Pemudik via Tol Trans Jawa Belum Kembali ke Jakarta

Konten Redaksi kumparan
Gerbang Tol Cikampek Utama, H-1 Lebaran
Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatat, jumlah pemudik Lebaran yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa sebanyak 300 ribu kendaraan atau 25 persen dari total pemudik.
ADVERTISEMENT
Adapun angka itu diperoleh dari jumlah kendaraan yang keluar Jakarta via tol saat arus mudik Lebaran, dibandingkan dengan kendaraan yang masuk Jakarta saat arus balik.
"Ada sisa 25 persen atau 300 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta," ujar Sekretaris Perusahaan Jasa Marga, Agus Setiawan kepada kumparan, Selasa (11/6).
Selama H+1 hingga H+4 (7-10 Juni 2019), sebanyak 916.305 kendaraan tercatat telah kembali ke Jakarta. Sementara total lalu lintas saat arus mudik mencapai 1,21 juta kendaraan.
Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menyampaikan bahwa arus balik diperkirakan terjadi hingga hari ini. Atas dasar hal itu, pihaknya melakukan berbagai kebijakan untuk memperlancar arus balik.
"Angkutan barang diimbau dari Semarang-Jakarta (tidak melintasi) jalan tol-nya. Saya sudah komunikasi dengan asosiasi," bebernya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, menurut dia, pemerintah dapat kembali memberlakukan sistem satu arah atau one way di tol jika diperlukan. Budi memastikan, rekayasa lalu lintas yang dilakukan disesuaikan dengan kondisi terkini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white