5 Berita Populer: Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris; Max Sopacua Meninggal

18 November 2021 6:14
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Berita Populer: Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris; Max Sopacua Meninggal (28774)
zoom-in-whitePerbesar
Ustaz Farid Okbah. Foto: Instagram/@faridokbah_official
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Rabu (17/11). Mulai dari kuasa hukum bantah Ustaz Farid teroris hingga Max Sopacua meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan berita terkini di hari kemarin, kumparan merangkum lima berita populer berikut. Apa saja?
Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris: Pernah Diundang Jokowi
5 Berita Populer: Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris; Max Sopacua Meninggal (28775)
zoom-in-whitePerbesar
Ustaz Farid Okbah. Foto: Instagram/@faridokbah_official
Ketua Tim Koalisi Advokasi Ulama dan Agama Islam Ismar Syamsuddin membantah Ustaz Farid Okbah terlibat dalam terorisme. Ismar merupakan bagian dari tim hukum yang membela Farid.
Hal itu disampaikan dalam video jumpa pers seperti dikutip dalam pernyataan yang disiarkan dari akun Youtube MimbarTube, Selasa (16/11) malam. Ismar menjelaskan Farid merupakan orang yang taat hukum. Belum lama ini, Farid juga menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.
Farid ditangkap Densus 88 karena terlibat jaringan Jemaah Islamiyah (JI). Selain Farid Densus 88 menangkap anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain An-Najah dan seorang dosen Anung Al-Hamat. Ismar pun turut menyangkal dugaan terorisme pada dua orang yang turut ditangkap Densus 88 itu.
ADVERTISEMENT
Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 di Seluruh Indonesia 24 Desember-2 Januari
5 Berita Populer: Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris; Max Sopacua Meninggal (28776)
zoom-in-whitePerbesar
Menko PMK Muhadjir Effendy dalam acara Rapat Terbuka Senat Universitas Jember Dalam Rangka Dies Natalis Ke-57. Foto: Kemenko PMK
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, pemerintah akan menerapkan kebijakan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), yaitu mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.
Muhadjir menyatakan, kebijakan tersebut dilakukan untuk memperketat pergerakan orang dan mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Nataru. Nantinya seluruh wilayah di Indonesia, baik yang sudah berstatus PPKM Level 1 dan 2 akan disamaratakan menerapkan aturan PPKM Level 3.
Dalam hal ini tempat ibadah, kunjungan wisata, pusat perbelanjaan, dan sejenisnya akan menyesuaikan kebijakan PPKM Level 3. Sebagai informasi, kebijakan PPKM Level 3 dalam Inmendagri terdahulu beberapa kegiatan di tempat umum tersebut memiliki maksimal kapasitas pengunjung 50 persen. Selain itu, pemerintah juga telah membuat kebijakan larangan untuk mengambil cuti dengan memanfaatkan momentum hari libur nasional.
ADVERTISEMENT
Jokowi Resmi Lantik Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
5 Berita Populer: Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris; Max Sopacua Meninggal (28777)
zoom-in-whitePerbesar
Jenderal TNI Andika Perkasa saat dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Foto: Agus Suparto/Istana Presiden
Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta dan dihadiri sejumlah pejabat. Pada acara tersebut, pihak Sesmil Presiden membacakan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.
Kemudian setelah pembacaan Keppres, Jokowi melantik Andika, dan membacakan sumpah jabatan. Setelah membacakan sumpah jabatan itu, Andika menandatangani Berita Acara Pelantikan dengan Menhan Prabowo sebagai saksi penandatanganan tersebut.
Andika Perkasa diajukan sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Jokowi ke DPR pada Rabu (3/11). Ia kemudian mengikuti fit and proper test pada Sabtu (6/11). DPR menyetujui Andika sebagai Panglima TNI dalam sidang paripurna Senin (8/11). Selain itu, Andika Perkasa pernah menempati sejumlah jabatan strategis di TNI, dan pernah menjadi Pangkostrad sebelum akhirnya menjadi KSAD.
ADVERTISEMENT
Helikopter Rombongan Jokowi Sambar Pohon di Rangkasbitung, 3 Warga Tertimpa
5 Berita Populer: Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris; Max Sopacua Meninggal (28778)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Helikopter Robinson R44. Foto: Shutter Stock
Beredar video yang menyebutkan baling-baling helikopter rombongan Presiden Jokowi menyebabkan pohon ambruk lalu menimpa warga. Peristiwa itu terekam saat helikopter itu mendarat di Stadion Uwes Qorni, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, pada Selasa (16/11).
Dalam video itu, tampak dahan dan ranting pohon roboh akibat sambaran dari angin baling-baling helikopter tersebut. Bahkan perekam video, Garnisun (22) beserta istrinya Adelia (22), dan juga saudara yang masih berumur 3 tahun ikut tertimpa reruntuhan dahan pohon tersebut. Sehingga mereka mengalami luka di bagian leher dan pundak.
Dalam laman setkab.go.id, Jokowi berkunjung ke Kabupaten Lebak, Banten untuk meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung.
Politikus Demokrat, Max Sopacua, Meninggal Dunia
5 Berita Populer: Kuasa Hukum Bantah Ustaz Farid Teroris; Max Sopacua Meninggal (28779)
zoom-in-whitePerbesar
Anggota senior Partai Demokrat, Max Sopacua saat memimpin konferensi pers mengenai Partai Demokrat di Cikini, Jakarta, Kamis (13/6). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Berita duka datang dari dunia politik. Politikus senior Partai Demokrat, Max Sopacua, meninggal dunia di RSPAD.
ADVERTISEMENT
Kepala RSPAD, Letjen TNI Budi Sulistya, menyampaikan bahwa almarhum wafat pukul 05.53 WIB di ICU RSPAD Gatot Soebroto, saat dikonfirmasi pada Rabu (17/11).
Max Sopacua berpulang dalam usia 75 tahun. Ia merupakan politikus senior Partai Demokrat yang sudah dua periode menjadi anggota DPR RI (2004-2014). Ia juga berada di barisan yang mendukung Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020