5 Berita Populer: Libur Maulid Nabi Digeser; Nasib Instagram Pemkot Solo Diretas

10 Oktober 2021 6:02
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Berita Populer: Libur Maulid Nabi Digeser; Nasib Instagram Pemkot Solo Diretas (12957)
searchPerbesar
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Foto: Dok Kemenag
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Sabtu (9/10). Mulai dari Kemenag yang geser libur Maulid Nabi 2021 hingga kondisi Instagram Pemkot Solo yang diretas hacker.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan informasi terkini di hari sebelumnya, kumparan merangkum lima berita populer. Berikut beritanya:

Libur Maulid Nabi Digeser

Atas dasar langkah antisipasi penularan COVID-19 di saat libur nasional, Kementerian Agama atau Kemenag menggeser hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi ke 20 Oktober 2021.
Akan tetapi, Kemenag menegaskan, pergeseran tanggal tersebut bukan artinya menggeser tanggal perayaannya, melainkan hanya menggeser tanggal liburnya. Sebelumnya, hari libur nasional Maulid Nabi tahun ini ditetapkan pada 19 Oktober 2021 atau tepat pada 12 Rabiul Awal.

Umrah untuk Jemaah Indonesia Dibuka Lagi

5 Berita Populer: Libur Maulid Nabi Digeser; Nasib Instagram Pemkot Solo Diretas (12958)
searchPerbesar
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN-AS secara virtual, Rabu (14/7). Foto: Kemlu RI
Kabar gembira bagi umat Islam di Indonesia. RI akan dapat mengirimkan jemaah umrah ke Tanah Suci, setelah sekian lama berlangsungnya lobi antara Indonesia dengan Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Meskipun, belum ditentukan tanggal pastinya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bahwa lobi-lobi terkait izin umrah Indonesia sudah mencapai tahap akhir yang bersifat teknis dengan Arab Saudi.

RI Naik Ranking Indeks Pemulihan COVID-19

5 Berita Populer: Libur Maulid Nabi Digeser; Nasib Instagram Pemkot Solo Diretas (12959)
searchPerbesar
Mural ajakan untuk melawan COVID-19 di Surabaya. Foto: Juni Kriswanto/AFP
Situasi COVID-19 di Indonesia berangsur-angsur membaik. Hal ini turut dibuktikan dengan melesatnya posisi RI dalam Indeks Pemulihan COVID-19 Nikkei (Nikkei COVID-19 Recovery Index).
Nikkei COVID-19 Recovery Index melakukan penilaian pada 121 negara di seluruh dunia tersebut menempatkan Indonesia pada posisi ke-54 per 30 September.
Posisi ini menempatkan Indonesia menjadi yang tertinggi di antara negara di Asia Tenggara. Indonesia tadinya berada di posisi ke-92 per 31 Agustus lalu. Simak peringkat keseluruhannya dengan klik tautan di bawah ini:
ADVERTISEMENT

Partai Pelopor Besutan Rachmawati Soekarnoputri Ganti Nama Jadi Partai Perkasa

5 Berita Populer: Libur Maulid Nabi Digeser; Nasib Instagram Pemkot Solo Diretas (12960)
searchPerbesar
Logo Partai Pelopor. Foto: Partai Pelopor via http://www.kpu.go.id
Partai Pelopor besutan almarhum Rachmawati Soekarnoputri berganti nama menjadi Partai Pergerakan Kebangkitan Desa (Partai Perkasa). Pergantian nama ini diputuskan dalam kongres yang dihadiri oleh 34 perwakilan daerah di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, Sabtu (9/10).
Partai yang dibentuk pada tahun 2002 itu mengubah namanya agar ke depan partai itu tidak bicara lagi sebagai partai nasional tapi lebih luas, yakni yang ada untuk segmentasi yang lebih jelas.

Akun Instagram Pemkot Solo Dinonaktifkan Usai Diretas

5 Berita Populer: Libur Maulid Nabi Digeser; Nasib Instagram Pemkot Solo Diretas (12961)
searchPerbesar
Ilustrasi aplikasi Instagram. Foto: Solen Feyissa via Unsplash
Pemerintah Kota Solo akhirnya memilih untuk menutup akun resmi Instagramnya untuk sementara waktu, lantaran akun tersebut yang belum sepenuhnya dikuasai Pemkot setelah berebut dengan peretas selama seharian kemarin.
ADVERTISEMENT
Aksi peretasan akun Instagram tersebut sendiri dimulai sejak Jumat (8/10) sore kemarin. Pemkot Solo baru berhasil kuasai akun tersebut pada esok paginya. Akan tetapi, sejak pukul 13.45 WIB di hari Sabtu (9/10) itu, akun Instagram itu kembali diretas hingga akhirnya diputuskan untuk dinonaktifkan.
Adapun peretas mempublikasikan berbagai foto meme konten meme yang mempromosikan akun @chinahackermemes ketika kuasai akun Instagram tersebut.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020