News
·
21 April 2021 6:50

5 Berita Populer: Rencana Vaksinasi Gotong Royong hingga Penjara Militer AI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: Rencana Vaksinasi Gotong Royong hingga Penjara Militer AI (309812)
Vaksin Sputnik V yang sudah dikemas di fasilitas perusahaan bioteknologi BIOCAD di Saint Petersburg, Rusia. Foto: Anton Vaganov/Reuters
Sejumlah informasi penting dan menarik menjadi berita populer pada Selasa (20/4). Mulai dari rencana program vaksinasi gotong royong hingga TNI yang resmikan penjara militer dengan teknologi Artificial Intellegence (AI) mewarnai perputaran informasi kemarin.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang ketinggalan, kumparan telah merangkum 5 di berita populer di antaranya. Berikut rangkumannya:

Rencana Program Vaksinasi Gotong Royong

5 Berita Populer: Rencana Vaksinasi Gotong Royong hingga Penjara Militer AI (309813)
Proses produksi vaksin Sputnik V di fasilitas perusahaan bioteknologi BIOCAD di Saint Petersburg, Rusia. Foto: Anton Vaganov/Reuters
Program vaksinasi mandiri atau yang disebut sebagai program vaksinasi gotong royong akan dimulai pada minggu ketiga Mei 2021. Program ini menargetkan sebanyak 8,6 juta orang sebagai sasaran vaksinasi.
Adapun program ini akan menggunakan 3 merek vaksin berbeda, yaitu Sinopharm, CanSino, dan Sputnik V.

Jokowi Buka Suara soal Vaksin Nusantara

Polemik vaksin nusantara akhirnya mendapat tanggapan dari Presiden Joko Widodo pada hari Selasa kemarin (20/4). Jokowi menyebutkan bahwa ia mendukung segala upaya penelitian penanganan COVID-19.
5 Berita Populer: Rencana Vaksinasi Gotong Royong hingga Penjara Militer AI (309814)
Presiden Jokowi Pimpin Ratas tentang Pendisiplinan Melawan Covid-19, Istana Kepresidenan Bogor. Foto: Youtube/@Sekretariat Presiden
Sementara itu, terkait pro kontra dari vaksin nusantara Jokowi sebut para pakar di bidang pengembangan vaksin dan lembaga yang memiliki kewenangan yang mengisi ruang perdebatan.
ADVERTISEMENT

Libur Paskah Sebabkan Kasus Positif dan Kematian COVID-19 Meningkat

5 Berita Populer: Rencana Vaksinasi Gotong Royong hingga Penjara Militer AI (309815)
Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito Foto: Dok. Satgas COVID-19
Prof. Wiku Adisasmito menyebutkan masa libur Paskah pada 2-4 April lalu memberikan dampak pada peningkatan kasus positif dan kematian akibat COVID-19 yang terjadi per Minggu (18/4) kemarin.
Kenaikan sebanyak 14,1 persen untuk kasus positif dari yang hanya 14 persen minggu lalu itu, selain karena masa libur paskah, diduga juga akibat dari menurunnya kepatuhan prokes akibat euforia vaksinasi.
Ia menambahkan bahwa perlunya edukasi kepada masyarakat bahwa vaksinasi tidak mengeliminasi kemungkinan seseorang terkena COVID-19, sehingga penting untuk tetap patuhi prokes.

Presiden Chad Gugur saat Pimpin Pasukan Lawan Pemberontak

5 Berita Populer: Rencana Vaksinasi Gotong Royong hingga Penjara Militer AI (309816)
Presiden Chad, Idriss Deby. Foto: Getty Images
Idriss Deby yang berumur 68 tahun dengan masa jabatan, jika ia tidak tewas, akan diperpanjang menjadi selama 30 tahun tersebut dikonfirmasi tewas terbunuh oleh juru bicara militer Chad pada Selasa (20/4).
ADVERTISEMENT
Ia yang seharusnya membawakan pidato kemenangan atas proyeksi raihan 80% dari perhitungan sementara itu, justru bergabung dengan pasukan Chad melawan pemberontak yang telah masuk sejak 11 April dari Libya.

TNI Resmikan Penjara Militer Berteknologi Articifial Intelligence (AI)

5 Berita Populer: Rencana Vaksinasi Gotong Royong hingga Penjara Militer AI (309817)
KSAD Jenderal Andika Perkasa Pimpin Sertijab Danjen Kopassus. Foto: Dispen TNI AD
KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa, meresmikan Smart Instalasi Tahanan Militer di Pusat Polisi Militer Kodam Jaya, Jakarta, pada Selasa (20/4).
Penjara tersebut akan menjadi penjara tercanggih yang dimiliki TNI AD. Ia juga menyebutkan bahwa penjara tersebut akan sangat aman karena sistem pengamanan yang akan berbasis program. Begitupun Ia menambahkan bahwa penjara tersebut akan menjadi penjara yang sangat manusiawi dan menjauhkan berbagai praktik persekusi atau bullying.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: