News
·
24 November 2020 19:06

5 Ekor Lutung Sempat Turun ke Permukiman Warga di Lereng Gunung Merapi Klaten

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Ekor Lutung Sempat Turun ke Permukiman Warga di Lereng Gunung Merapi Klaten (300191)
Sejumlah lutung sempat turun di Dusun Pajegan, Tegalmulyo, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Foto: Dok. Balai TNGM
Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mencatat sejumlah lutung sempat turun ke pemukiman warga di lereng Gunung Merapi di Dusun Pajegan, Tegalmulyo, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Minggu (22/11).
ADVERTISEMENT
"Kemarin sempat turun 5 ekor lutung di Dusun Pajegan, Dusun Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten," kata Kepala Balai TNGM, Pujiati melalui pesan singkat kepada wartawan, Selasa (24/11).
Pujiati menjelaskan bahwa lutung tersebut turun usai adanya guguran tebing lava erupsi 1954 pada pukul 06.50 WIB. Pukul 08.00 WIB, kawanan lutung ini terpantau turun.
"Minggu, 22 November pukul 06.50 terjadi guguran yang terlihat dari CCTV BPPTKG yang terdapat di Deles, Kemalang, Klaten. Dan pukul 08.00 dilaporkan ada lutung yang turun," ujarnya.
Namun sesaat setelahnya lutung tersebut kembali lagi ke hutan.
5 Ekor Lutung Sempat Turun ke Permukiman Warga di Lereng Gunung Merapi Klaten (300192)
Sejumlah lutung sempat turun di Dusun Pajegan, Tegalmulyo, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Foto: Dok. Balai TNGM
"Saat ini lutung tersebut sudah kembali ke hutan," katanya.
Menyoal penyebab lutung itu sempat turun, Pujiati belum bisa memberikan kesimpulan. Meskipun ada kemungkinan para lutung ini turun lantaran adanya guguran.
ADVERTISEMENT
Dia juga menjelaskan sejauh ini aktivitas satwa yang ada di kawasan Merapi masih normal seperti biasanya.
"Belum tahu (penyebab turun). Aktivitas hewan masih biasa," katanya.
Lanjutnya, hingga monitoring Oktober 2020 lalu, jumlah lutung yang berada di Kemalang, Klaten diperkirakan berjumlah 19 ekor. Mereka terdiri dari anak-anak hingga dewasa.