News
·
15 Juni 2020 16:14

5 Pesan dr Reisa untuk Cegah Virus Corona di Tempat Kerja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Pesan dr Reisa untuk Cegah Virus Corona di Tempat Kerja (4198)
Ilustrasi menjaga jarak sosial di tempat kerja. Foto: Dok. BRI
Sejumlah masyarakat sudah kembali bekerja di kantor di masa PSBB transisi. Meski demikian, Gugus Tugas mengingatkan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan secara disiplin di tempat kerja.
ADVERTISEMENT
Anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengatakan setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan selain pengaturan jam kerja dan transportasi.
1. Jaga jarak fisik 1 meter
2. Pastikan tempat kerja punya ventilasi yang baik
3. Cuci tangan sesering mungkin setelah pegang barang
4. Jaga kebersihan dan disinfektan secara berkala
5. Gunakan masker
"Jangan asal lepas masker di kantor dan ramai orang. Bila sakit, kerja di rumah. Terapkan etika batuk," kata Reisa di BNPB, Senin (15/6).
5 Pesan dr Reisa untuk Cegah Virus Corona di Tempat Kerja (4199)
dr Reisa Broto Asmoro. Foto: Dok. BNPB
dr Reisa juga mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan pengaturan pintu masuk juga harus diperhatikan agar tak terjadi penumpukan orang.
"Perhatikan sistem tempat duduk di tempat kerja, pastikan (jarak) 1 meter, pakai sekat. Pengaturan pintu masuk juga diperhatikan agar tak terjadi penumpukan orang. Protokol ini juga berlaku di tempat makan, istirahat, dan ruang makan," jelasnya.
5 Pesan dr Reisa untuk Cegah Virus Corona di Tempat Kerja (4200)
Karyawan menggunakan pelindung wajah dan masker saat melakukan aktivitas di pusat perkantoran, kawasan SCBD, Jakarta, Senin (8/6/2020). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Protokol kesehatan tak berhenti ketika di kantor saja. Protokol kesehatan juga harus diberlakukan ketika masyarakat sampai di rumah usai bekerja.
"Sesampai di rumah terapkan protokol kedatangan seperti membuka alas kaki, semprotkan disinfektan pada alas kaki dan barang bawaan, cuci tangan minimal 20 detik, langsung mandi dan kenakan baju bersih, lalu bertemu anggota keluarga di rumah. Tetap jaga anggota keluarga," pungkasnya.
==========
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.