News14 Oktober 2019 18:39

6 Kecamatan di Magelang Hujan Abu Usai Merapi Semburkan Awan Panas

Konten Redaksi kumparan
6 Kecamatan di Magelang Hujan Abu Usai Merapi Semburkan Awan Panas (343229)
Kondisi terkini Gunung Merapi usai mengeluarkan awan panas pada Rabu (14/8). Foto: Dok. Twitter BPPTKG
Enam kecamatan di kabupaten Magelang terdampak sebaran abu akibat awan panas letusan Gunung Merapi setinggi 3.000 meter yang terjadi Senin (14/10) pukul 16.30 WIB. Keenam kecamatan tersebut yakni Srumbung, Dukun, Salam, Sawangan, Muntilan, dan Mungkid.
ADVERTISEMENT
Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto membenarkan terjadinya sebaran abu di enam wilayah itu. Di Srumbung, wilayah yang terkena sebaran abu meliputi Desa Ngargosoko, Mranggen dan Srumbung.
“Sementara di Kecamatan Dukun ada 7 Desa yang terkena sebaran abu. Yakni Desa Sumber, Ngargomulyo, Kalibening, Ngadipuro, Mangunsoko, Talun, dan Dukun," katanya.
Saat ini, kata Edy, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Di sisi lain, BPBD juga memantau melalui medsos maupun relawan yang berada di wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.
Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Namun, BPBD meminta masyarakat mengkonfirmasi setiap informasi yang diterima berkenaan dengan letusan Merapi ke BPPTKG.
ADVERTISEMENT
“Atau bisa juga ke BPBD karena kami juga terus berkomunikasi dengan BPPTKG,” ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white