News
·
17 Juli 2020 19:19

6 Siswa Sesko TNI Bandung Positif Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Siswa Sesko TNI Bandung Positif Corona (267390)
Ilustrasi TNI. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Komandan Sesko TNI Bandung Marsekal Madya TNI Dedy Permadi memastikan, seluruh siswa sudah menjalani rapid test dan hasilnya non reaktif sebelum menjalani pendidikan. Akan tetapi, mereka menjalani tes kembali dengan menggunakan tes swab dan hasilnya ada enam siswa yang terkonfirmasi terinfeksi corona.
ADVERTISEMENT
Sementara, Dedy mencatat terdapat 170 siswa di institusi pendidikan kenegaraan yang dipimpinnya. Rinciannya, 74 siswa dari TNI AD, 39 TNI AL, 36 TNI AU, 17 kepolisian, dan 4 siswa dari luar negeri. Dia tak menyebut, enam siswa yang terinfeksi berasal dari angkatan darat, udara ataukah laut.
"Namun, pada saat datang ke sini, kami tes lagi dengan metode PCR yang difasilitasi oleh Gugus Tugas Jabar. Ada enam orang terkonfirmasi positif COVID-19," kata dia, Jumat (17/7).
Siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19, sambung Dedy, sudah ditangani sesuai protokol kesehatan. Saat ini, tiga siswa sudah dinyatakan negatif sedangkan tiga lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit. Dia tak menyebutkan lokasi tiga siswa itu menjalani perawatan. Meski demikian, kondisi ketiganya dipastikan mulai membaik.
ADVERTISEMENT
"Dengan sigap kami rujuk ke rumah sakit untuk diisolasi, kemudian dari enam orang itu tiga orangnya sembuh dan sudah kami tarik kembali ke sini, juga menurut laporan sisa tiga orang lainnya sudah membaik," tutur dia.
Dedy pun mengapresiasi konsistensi Gugus Tugas Jabar dalam tangani COVID-19, terutama soal fasilitas tes masif. Dia memastikan, proses pendidikan di institusi yang dipimpinnya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.
"Atas nama lembaga, terima kasih atas bantuannya, sampai saat ini kami sudah tiga kali melaksanakan swab test, kami juga tidak mau ada klaster baru disini," ungkap dia.
"Panglima TNI juga sangat keras mengingatkan untuk tidak lengah," kata dia.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini: