7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki

26 Februari 2018 17:59
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki (69442)
searchPerbesar
Ustaz yang berdakwah lewat Instagram (Foto: Instagram @ hanan_attaki_ @kh_m_arifin_ilham @felixsiauw )
Sosok Ustaz Abdul Somad ramai diperbincangkan sejak Sabtu (24/2). Hal itu disebabkan karena akun Instagram milik pendakwah asal Riau itu tidak bisa diakses.
ADVERTISEMENT
Kontan saja hal ini menimbulkan kehebohan di media sosial. Pasalnya, Ustaz Abdul Somad merupakan pendakwah yang populer di media sosial. Akun Instagram miliknya setidaknya sudah memiliki lebih dari 1 juta pengikut.
Namun, berbicara kepopuleran di Instagram, Ustaz Somad bukanlah satu-satunya. Sejumlah ustaz kondang lainnya juga memiliki pengikut yang tidak kalah banyak di akun Instagram mereka. Hal ini menjadi wajar mengingat media sosial membuat sarana dakwah para ustaz menjadi lebih mudah.
Berbagai macam media sosial mereka manfaatkan untuk menyebarkan agama Islam. Dengan cara yang sederhana mereka bisa menyasarkan dakwahnya ke seluruh pengguna media sosial di dunia. Banyak ustaz menggunakan Instagram untuk memberikan dakwah dengan durasi waktu yang singkat namun dapat dipahami oleh para pengguna Instagram.
ADVERTISEMENT
Berikut kumparan (kumparan.com) merangkum 7 ustaz yang menggunakan Instagram untuk sarana dakwah dengan followers ribuan hingga jutaan.
1. Ustaz Hanan Attaki
Nama Ustaz Hanan Attaki, Lc cukup tenar di Instagram. Berbagai video ceramahnya dalam versi pendek, ditonton oleh puluhan ribu orang. Cara dakwah yang santai mampu merangkul semua kalangan, khususnya kalangan anak muda.
Pria 37 tahun kelahiran Aceh ini menghabiskan masa-masa sekolahnnya di Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh, pada tahun 2000, lalu ia melanjtkan studinya ke Universitas Al Azhar Mesir dengan menekuni jurusan Tafsir Al Qur'an, dan memperoleh gelar licence (LC) pada tahun 2004.
Demi perubahan generasi muda yang lebih baik ia mengusung konsep dakwah dengan pembawaan yang santai, gaul, asik, syari. Pemilik nama lengkap Tengku Hanan Attaki ini juga meriis sebuah gerakan bernama Pemuda Hijrah. Gerakan ini sudah ia gagas dengan 5 kawannya sejak Maet 2015 dan dikemas dengan gaya ceramah yang mudah diterima remaja.
ADVERTISEMENT
2. Ustaz Abdul Somad
7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki (69443)
searchPerbesar
Ustaz Abdul Somad (Foto: Instagram @ustadzabdulsomad)
Nama ustaz Abdul Somad sudah tak asing di berbagai kalangan. Pasalnya ia sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya ilmu hadis dan ilmu fikih. Tak hanya itu ia juga sering membahas nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di masyarakat.
Nama Abdul Somad kondang di berbagai media sosial seperti Instagram karena ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan dalam menyampaikan dakwah. Bahkan kini pengikut Ustaz Abdul Somad di Instagram mencapai lebih dari 1,7 juta pengikut.
Pria kelahiran 18 Mei 1977 di Sumatera Utara ini menempuh pendidikan S1 di Universitas Al Azhar Indonesia. Studi S2 ditempuhnya di Universitas Darul Hadist Maroko, dan kini ia menjadi dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.
ADVERTISEMENT
Tak hanya mengajar, Ustaz yang akrab disapa dengan UAS ini juga menulis 3 buah buku yang menjadi best seller, yaitu 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat, 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.
3. Ustaz Yusuf Mansur
7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki (69444)
searchPerbesar
Yusuf Mansur. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Pemilik nama lengkap Jam'an Nurkhatib Mansur terkenal dengan penyampaian dakwahnya dengan logat betawi yang khas. Ustaz Yusuf Mansur selalu punya cara unik dalam memberikan dakwah ke anak muda.
Ustaz yang berusia 41 tahun ini memanfaatkan media sosial untuk menarik perhatian anak muda agar senang belajar ilmu agama. Semua media sosial yang ia punya dibanjiri oleh sejumlah pengikut, seperti di media sosial Instagram lebih dari 1,7 juta orang mengikuti Instagramnya.
Ustaz Yusuf Mansur juga mempuyai jiwa sosial yang tinggi, ia mendirikan sekolah pesantren yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Selain Ustaz, Yusuf Mansur juga dikenal sebagai pebisnis. Usaha yang ia dirikan pun juga berbau dengan sariah. sepeti hotel 'Siti'yang mengusung konsep sariah.
ADVERTISEMENT
4. Ustaz Felix Siauw
7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki (69445)
searchPerbesar
Felix Siauw. (Foto: Ustadz Felix Siauw/Facebook)
Nama Ustaz Felix Siauw terkenal karena cara dakwah yang disampaikan banyak mengandung unsur ilmiah, dan logika sehingga mudah diterima terutama oleh anak muda dan kaum milenial.
Penulis buku 'Udah Putusin Aja' ini adalah seorang mualaf etnis Tionghoa-Indonesia. Walau lahir dan tumbuh di lingkungan non-muslim, namun saat ia memutuskan mualaf dirinya didukung oleh keluarganya.
Ustaz berusia 34 tahun ini juga berdakwah melalui media sosial. Isi caption dengan cerdas dan tangkas memberikan pencerahan atas fenomena kekinian bangsa ini. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram dibanjiri oleh pengikut. Kini lebih dari 1,7 juta orang mengikuti Instagramnya.
5. Ustaz Arifin Ilham
7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki (69446)
searchPerbesar
Arifin Ilham dan kucing (Foto: Instagram Arifin Ilham)
Pemilik nama lengkap KH Muhammad Arifin Ilham atau di kenal sebagai ustaz Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, 8 Juni 1969. Dalam berdakwah, pria yang menetap di Sentul Bogor, Jawa Barat ini terkenal dengan cara dakwah yang berani dan tegas.
ADVERTISEMENT
Dalam dakwahnya ia juga menggabungkan zikir dan tausiyah. Ia selalu mengajak jemaahnya untuk selalu menghidupkan tujuh sunnah Rasulullah SAW. Tak hanya berdakwah di hadapan jemaah langsung. Ia pun aktif berdakwah melalui televisi, rekaman, dan juga media sosial Instagram. Tak ayal ia memiliki lebih dari 458 ribu pengikut di Instagram.
Ustaz Arifin juga sempat menjadi kontoversi karena memiliki lebih dari 1 isteri.
6. Adi Hidayat
7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki (69447)
searchPerbesar
Adi Hidayat (Foto: Youtube Sahabat Yamima)
Ustaz kelahiran Pandeglang, Banten 11 September 1984 ini sejak kecil sudah meraih banyak penghargaan di tingkat pondok pesantren hingga se propinsi Jawa Barat. Ia juga pernah jadi utusan termuda pada program Daurah Tadribiyyah dari Universitas Islam Madinah di Ponpes Taruna Al Qur'an Yogyakarta
ADVERTISEMENT
Selain aktif mengisi berbagai kajian di berbagai daerah, beliau juga menyempatkan waktunya untuk menulis buku sepeti buku yang berjudul Buku Catatan Penuntut Ilmu pada tahun 2015, Pedoman Praktis Ilmu Hadist pada tahun 2016, dan Manhaj Tahdzir Kelas Eksekutif pada tahun 2017.
7. Ustaz Khalid Basalamah
7 Ustaz yang Kondang di Instagram: Abdul Somad hingga Hanan Attaki (69448)
searchPerbesar
Khalid Basalamah saat berceramah. (Foto: Instagram @ustadzkhalid)
Nama ustaz Khalid sudah tidak asing lagi bagi pengguna media sosial. Pasalnya ia terkenal dengan dakwah yang menyejukan hati para jamaahnya. Ustaz Khalid adalah salah satu ustaz yang paham dengan kekuatan media sosial, ia memanfaatkan media sosial untuk penyampaian dakwahnya.
Pemilik nama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah ini mengenyam pendidikan S1 nya di Universitas Madinah, lalu melanjutkan gelar Megisternya di Universitas Muslim Indonesia dan gelar Doktornya ia raih di Universitas Tun Abdul Razaq Malaysia.
ADVERTISEMENT
Selain sibuk berdakwah, ia juga terjun di dunia bisnis kuliner restoran bernama 'Ajwad Resto' yang berada di Kalibata City Square blok E no 11 Jakarta, Indonesia.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020