kumparan
News14 Juni 2019 0:34

9 Orang Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Jalalabad, Afghanistan

Konten Redaksi kumparan
Korban serangan bom bunuh diri di Jalalabad
Korban serangan bom bunuh diri di Jalalabad Foto: PARWIZ/Reuters
Bom bunuh diri terjadi di Kota Jalalabad, Nangarhar, Afghanistan, Kamis (13/6) waktu setempat. Bom bunuh diri ini dilakukan oleh seseorang yang sengaja menargetkan sebuah kendaraan polisi.
ADVERTISEMENT
Dilansir Reuters, Jumat (14/6), kejadian ini menyebabkan sembilan orang yang terdiri dari warga sipil, polisi, dan pejabat setempat tewas.
Korban serangan bom bunuh diri di Jalalabad
Korban serangan bom bunuh diri di Jalalabad Foto: PARWIZ/ Reuters
Juru bicara Gubernur Provinsi Nangarhar, Atahullah Khogyani, mengatakan, penyerang meledakkan bom ketika sebuah kendaraan polisi lewat dari area perumahan di Kota Jalalabad.
"Lima warga sipil, termasuk seorang anak, dan empat polisi tewas dan 12 warga sipil serta polisi lainnya cedera," kata Khogyani.
Korban serangan bom bunuh diri di Jalalabad, Afghanistan
Korban serangan bom bunuh diri di Jalalabad, Afghanistan Foto: PARWIZ/ Reuters
ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri ini. Namun, ISIS tak memberikan bukti atas klaimnya itu.
Jika ISIS mengakuinya, maka serangan bom bunuh diri ini menambah rangkaian serangan bom yang dilakukan geriyawan ISIS terhadap kantor pemerintahan, sekolah, dan kelompok bantuan dalam beberapa tahun terakhir di Jalalabad.
ADVERTISEMENT
Pemerintah Afghanistan dibantu militer AS telah konsisten melakukan serangan udara dan operasi untuk melenyapkan para gerilyawan ISIS di Afghanistan yang pertama kali muncul di Nangarhar pada 2015.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan