Ada Aksi Bela Rempang di Patung Kuda, Polisi Siaga

20 September 2023 12:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas menggunakan forklift memasang pembatas beton untuk menutup jalan Medan Merdeka Barat jelang demo buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023). Foto: Fitra Andrianto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Petugas menggunakan forklift memasang pembatas beton untuk menutup jalan Medan Merdeka Barat jelang demo buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023). Foto: Fitra Andrianto/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Polres Jakarta Pusat menyiapkan ribuan petugas untuk mengawal aksi massa yang akan dilakukan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, hari ini. Aksi tersebut diagendakan dalam rangka membela masyarakat di Rempang, Batam.
ADVERTISEMENT
"Untuk di Patung Kuda kita siapkan personel 10 SSK (Satuan Setingkat Kompi) kurang lebih 1.000 personel," jelas Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dihubungi wartawan, Rabu (20/9).
Komarudin mengatakan massa yang turun ini menamakan diri mereka sebagai Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR).
"Kalau yang GNPR itu terkait Rempang," jelas Komarudin.
Polres Jakarta pusat menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi sirkulasi kendaraan yang terganggu karena keberlangsungan acara tersebut. Sejumlah jalan di kawasan tersebut dipastikan akan ditutup selama demo berlangsung.
"Rencana Medan Merdeka Barat dialihkan. Konsep sama dari arah selatan kita arahan ke merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan, kemudian dari arah Gajah Mada kita arahkan ke Tomang dan Juanda," tutur Komarudin.
ADVERTISEMENT
Komarudin mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan berlalu lintas yang berlaku meski ada pengalihan jalan.
"Tentunya setiap orang diharapkan mematuhi setiap aturan apakah itu terkait dengan berlalu lintas dan juga untuk penyampaian pendapat di muka umum. Sehingga aktivitas masyarakat ibu kota tetap bisa berjalan meskipun ada beberapa titik yang harus dialihkan," tutup Komarudin.
Berdasarkan poster aksi yang diterima kumparan, demonstrasi akan berlangsung sejak pukul 12.30 WIB. Aksi tersebut bertajuk 'Aksi 209 Bela Rempang: Ganyang Cukong Bebaskan NKRI dari Oligarki'.