kumparan
search-gray
News1 Agustus 2020 12:12

Agensi Klarifikasi Ucapan Ike Muti soal Proyek dengan Syarat Hapus Foto Jokowi

Konten Redaksi kumparan
Agensi Klarifikasi Ucapan Ike Muti soal Proyek dengan Syarat Hapus Foto Jokowi (1282382)
Artis Ike Muti. Foto: Instagram/@ikemuti16
Unggahan foto Ike Muti bersama Presiden Jokowi membuat viral dunia maya pada Kamis (30/7) kemarin. Somasi yang diberikan Pemprov DKI kepadanya belum mendapat respons hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Dalam unggahan di media sosialnya, Ike Muti menceritakan dirinya ditolak bekerja sama dengan klien dari Pemprov DKI Jakarta. Menurut dia, syarat pekerjaan tersebut mengharuskannya hapus foto dirinya dengan Jokowi di akun media sosialnya.
Namun, pada Jumat (31/7) malam, sebuah agensi hiburan, Marantika Agency, memberikan pernyataan klarifikasi dan permohonan maaf atas unggahan Ike Muti.
Agensi Klarifikasi Ucapan Ike Muti soal Proyek dengan Syarat Hapus Foto Jokowi (1282383)
Artis Ike Muti. Foto: Instagram/@ikemuti16
Dalam akun Instagram @marantika_agency, dijelaskan pihak agensi menerima tawaran proyek dari sekelompok muda seniman kreatif di Indonesia untuk menggarap sebuah film pendek berdurasi 20 menit.
Perwakilan Marantika Agency, Andi Suradi, mengaku kesalahpahaman ini bersumber dari pernyataannya kepada Ike Mukti via telepon. Bisa dibilang, isu yang viral ini karena kesalahan pernyataan Andi ke Ike.
Agensi Klarifikasi Ucapan Ike Muti soal Proyek dengan Syarat Hapus Foto Jokowi (1282384)
Klarifikasi talent agency dengan Pemprov DKI Jakarta Foto: Instagram
"Hasil dari seleksi foto oleh komunitas ini, memutuskan yang terpilih adalah talen lain. Namun dalam percakapan telepon antara saya dengan Mba Ike ketika mengabarkan keputusan ini, saya bercanda atau berseloroh bahwa ketidakterpilihannya karena banyak foto di media sosial Mba Ike dengan Bapak Presiden," tulis Andi yang diunggahnya di Instagram @marantika_agency, dikutip Sabtu (1/8).
ADVERTISEMENT
Proyek film yang ditawarkan tersebut juga bukan berasal dari Pemprov DKI Jakarta. Andi menjelaskan, setting film itu menggunakan banyak lokasi di Jakarta. Sehingga dia berasumsi proyek yang ditawarkan oleh sekelompok muda seniman kreatif itu berasal dari Pemprov DKI.
Agensi Klarifikasi Ucapan Ike Muti soal Proyek dengan Syarat Hapus Foto Jokowi (1282385)
Klarifikasi talent agency dengan Pemprov DKI Jakarta Foto: Instagram
Agensi Klarifikasi Ucapan Ike Muti soal Proyek dengan Syarat Hapus Foto Jokowi (1282386)
Klarifikasi talent agency dengan Pemprov DKI Jakarta Foto: Instagram
"Saya beranggapan bahwa film ini dibuat oleh Pemprov DKI karena berlokasi Jakarta ini," tulis lagi.
Andi mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan permohonan maaf kepada Ike Muti, namun belum kunjung dapat balasan.
Begitu juga permohonan maaf disampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas kesalahan komunikasi antara pihak agensi dan Ike Muti, yang menyebabkan kegaduhan di media sosial.
"Ini murni kesalahan persepsi saya terhadap rencana komunitas kreatif," tutup Andi.

Ike Muti Belum Berikan Respons

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya melayangkan surat somasi kepada Ike atas tuduhan isi unggahan yang dinilai tidak sesuai fakta yang terjadi. Dalam surat somasi tersebut, Pemprov DKI meminta Ike untuk menunjukkan bukti dari penawaran proyek yang ditawarkan, termasuk penanggung jawab dari proyek tersebut.
ADVERTISEMENT
Setelah Pemprov DKI melayangkan surat somasi, Ike Muti kemudian mengunci akun Instagram pribadinya. Tak cuma itu, artis 47 tahun tersebut juga menggembok akun Twitternya.
kumparan telah mencoba menghubungi Ike Muti melalui akun media sosial pribadinya. Namun, hingga kini, Ike belum memberikan respons apa pun.
====
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Saksikan video menarik di bawah ini:
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white