LIPSUS Indonesia Myanmar- Min Aung Hlaing
26 April 2021 16:31

Akankah Junta Myanmar Mematuhi Konsensus ASEAN?

Dikawal pasukan keamanan Indonesia, para kepala negara Asia Tenggara meluncur dari Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Sabtu (24/4). Mereka melintasi blokade, dan warga Jakarta pun dapat melihat para pemimpin kawasan, termasuk pucuk junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, berlalu. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2021 resmi berakhir.
Pertemuan tersebut membahas berbagai kondisi terkini di Asia Tenggara, khususnya Myanmar yang diguncang instabilitas politik. Pada 1 Februari lalu, Min Aung Hlaing dan kelompoknya mengambil alih kepemimpinan dari pemerintahan yang terpilih secara sah dan demokratis. Mereka menuduh pemilu 8 November 2020 diwarnai kecurangan.
Partai pengusung Kanselir Negara Aung San Suu Kyii, Liga Nasional Untuk Demokrasi, menang telak atas Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan yang identik dengan junta militer. Ketika hasil pemilu dirilis, militer segera menciduk Suu Kyi, mengepung istana Myanmar, dan mengambil alih pemerintahan.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
KTT ASEAN membahas krisis Myanmar sudah digelar di Jakarta. Hasil konsensus menyepakati Jenderal Myanmar, Min Aung Hlaing, harus menghentikan kekerasan akibat kudeta. Bagaimana KTT itu digelar? Bagaimana lobi-lobi di balik layar sehingga KTT digelar?