News
·
22 Agustus 2017 15:06

Aksi Heroik Serda Suyono Panjat Tiang saat Tali Bendera Lepas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Aksi Heroik Serda Suyono Panjat Tiang saat Tali Bendera Lepas (36016)
Aksi Heroik Serda Suyono (Foto: Facebook/TNI Angkatan Darat)
Aksi heroik Serda Suyono menyelamatkan tali bendera yang lepas saat upacara menuai banyak pujian. Suyono dengan sigap naik ke tiang bendera untuk mengambil tali yang tertarik ke atas.
ADVERTISEMENT
Video Suyono diunggah ke media sosial dan viral. Banyak netizen memberikan apresiasi atas tindakan cekatan Suyono.
Suyono merupakan anggota Babinsa Desa Sidomulyo Koramil 02/Kaliori yang bertugas di Kodim 0720 Rembang, Jawa Tengah. Saat itu dia memang tengah mengikuti upacara bendera 17 Agustus di Kaliori.
"Lokasinya di lapangan kantor Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang, Jawa Tengah," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto kepada kumparan (kumparan.com), Selasa (22/8).
Wuryanto menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB saat upacara peringatan HUT ke-72 RI. Petugas pengibar bendera mendekat ke arah tiang, namun saat tali akan dikaitkan ke bendera, tali malah terlepas dan tertarik ke atas.
"Saat akan membentangkan bendera Mrah Putih cincin kait bagian atas yang sudah dicantolkan ke bagian ujung bendera, tiba-tiba lepas, cincin tidak nyantol dan tali tertarik sehingga naik beberapa meter," ucap Wuryanto.
ADVERTISEMENT
Serda Suyono yang berada tak jauh dari tiang, langsung sigap berinisiatif memanjat tiang dan mengambil tali yang tertarik ke atas."Dia menarik ujung tali bendera lalu di bawa turun dan di cantolkan ke ujung bendera Merah Putih," katanya.
Upacara pengibaran bendera yang sempat tertunda itu pun dilanjutkan kembali. Petugas Paskibra mengerek bendera sambil diiringi lagu Indonesia Raya.
Aksi Serda Suyono menuai pujian. Seperti yang disampaikan oleh Fandhy la Maming. "Terharu melihat perjuanganmu sebagai anak bangsa yg betul mengabdikan hidupmu kepada bangsa indonesia, semogah tuhan selalu ada di setiap langkah dan panggilan tugasmu. Bravo TNI.....kami bangga pada dirimu."
Erwin Purnawan juga menulis komentarnya "Haru.... dan menetes air mata.... Momen yang akan memberikan pelajaran bagi seluruh anggota Paskibra... Merah Putih.. apapun kondisi nya harus tetap Naik Berkibar di Langit Nusantara."
ADVERTISEMENT
Puji Rahayu menulis "Bentuk dr tanggung jawab tugas negara,,menjaga NKRI,,jadi ingat betapa berat para pajuang membela negara tuk kemerdekaan Indonesia,,terimakasih."