News
·
1 Oktober 2020 14:42

Amien Rais Dirikan Partai Ummat, PAN Reformasi Jadi Sayap Partai

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Amien Rais Dirikan Partai Ummat, PAN Reformasi Jadi Sayap Partai (497527)
Eks Ketua Dewan Kehormatan Partai PAN Amien Rais (tengah) bertemu sejumlah tokoh yang mengusulkan bentuk PAN reformasi. Foto: Dok. Istimewa
Amien Rais akhirnya mengumumkan nama partai baru yang didirikannya yaitu Partai Ummat. Padahal, sebelumnya mengerucut nama yang akan disepakati adalah PAN Reformasi.
ADVERTISEMENT
Loyalis Amien yang juga terlibat dalam pembentukan Partai Ummat, Agung Mozin, menyebut PAN Reformasi akan menjadi sayap partai.
"PAN Reformasi akan menjadi sayap partai. Kelompok orang yang kecewa dengan (partai) lama karena sikap (elite) seperti itu, akan diwadahi di ormas yang akan meluruskan arah dari perjuangan partai yang dikenal umum dibangun Amien itu, tapi melenceng," ucap Agung Mozin kepada kumparan, Kamis (1/10).
Amien Rais Dirikan Partai Ummat, PAN Reformasi Jadi Sayap Partai (497528)
Amien Rais umumkan Partai Ummat. Foto: Youtube
Eks ketua DPP PAN itu menyebut Partai Ummat tentu akan turut mengajak kader-kader PAN yang dinilai punya paham yang sama dengan Amien Rais, Agung Mozin, Putra Jaya, dan eks pengurus PAN lain gabung Partai Ummat.
"Orang dari partai lama itu kalau ingin jadi pengurus partai kan bisa saja mereka ini parkir dulu di ormas PAN Reformasi. Maka sebab itu, PAN Reformasi akan jadi sebuah faksi di partai baru," tuturnya.
ADVERTISEMENT
"PAN Reformasi akan menjadi ormas dan menegaskan kepada publik, orang PAN garis lurus ada di PAN Reformasi."
- Agung Mozin
Selain PAN Reformasi, Partai Ummat juga tentu menggandeng kelompok masyarakat lain baik dalam kepengurusan partai maupun menjadi sayap partai sendiri.
"Dalam penjaringan akan ada rekrutmen politik agar Partai Umat tidak hanya didominasi satu faksi. Kan orang bilang 'Oh, hanya orang PAN', enggak. Itu hanya salah satunya. Orang di luar PAN bisa saja," pungkasnya.