kumparan
27 Oktober 2019 23:59

Amien Rais Pantau Setahun Kabinet Jokowi: Jewer Kalau Tak Bermutu

Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, POTRAIT
Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Kabinet Indonesia Maju baru saja dibentuk dan dilantik oleh Presiden Jokowi. Beragam komentar yang skeptis pun bermunculan. Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais turut angkat bicara soal kabinet yang akan membantu Presiden Jokowi tersebut selama 5 tahun.
ADVERTISEMENT
Amien mengatakan agar tidak buru-buru mengkritik kabinet yang baru dibentuk ini. Namun di sisi lain dia juga tak akan tinggal diam jika dalam enam bulan ke depan kabinet ini tidak bisa bekerja dengan baik.
“Bahkan kabinet ini pun menurut saya jangan dikritik dulu,” kata Amien usai mengisi kajian bertema Islam dan Komunis (Bahaya Laten Komunis) di Masjid Jami Karangkajen, Kota Yogyakarta, Minggu (27/10).
Politikus senior ini pun menjelaskan setidaknya kabinet ini diberikan waktu tiga hingga enam bulan. Menurutnya tidak pas jika belum apa-apa kabinet ini sudah diberikan komentar negatif.
Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais
Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
“Jangan belum apa-apa dikatakan ini kabinet yang tidak profesional, kabinet carut marut, kabinet yang membuat banyak problem tidak nendang dan lain-lain. Kalau saya mengambil sikap yang paling fair paling sportif itu kita berikan waktu sampai enam bulan bahkan satu tahun,” ujar dia.
ADVERTISEMENT
Barulah setelah enam bulan itu kabinet dinilai apakah bermutu atau tidak. Dia bahkan mengancam akan menjewer kabinet yang tidak bermutu.
“Kalau jelas tidak bermutu tidak sesuai dengan cita-cita apalagi dengan yang dijanjikan maka mengapa kita tidak lantas mengambil peran yang lebih nyata lagi, supaya dijewer kalau sampai tidak deliver artinya tidak melaksanakan janji-janjinya,” kata dia.
LIPSUS PRABOWO, Pelantikan Menteri
Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (23/10/2019). Foto: AFP/Adek Berry
Sementara ini Amien mengaku masih menahan diri dengan alasan kabinet ini tetap butuh konsolidasi.
“Sementara saya masih menahan diri karena saya harus fair harus sportif berikan dulu waktu untuk konsolidasi dan lain-lain kalau enam bulan jebulnya (ternyata) tidak bisa apa-apa nanti kita buat perhitungan,” kata dia.