Anggukan SYL soal Pernah Bertemu Firli Bahuri di Rumah Kertanegara

30 Oktober 2023 16:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Firli Bahuri terungkap punya rumah di kawasan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Meski, Ketua KPK itu mengaku hanya menyewanya.
ADVERTISEMENT
Tidak jelas berapa harga sewa serta kapan Firli menyewanya. Namun belakangan mencuat dugaan Firli pernah bertemu dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di rumah tersebut.
Saat dikonfirmasi wartawan soal dugaan pertemuan itu, SYL menganggukkan kepalanya. Wartawan menanyakan hal itu kepada SYL yang baru saja menjalani pemeriksaan penyidik KPK di Gedung Merah Putih.
Anggukan kepala SYL itu dilakukan saat masuk mobil tahanan di Gedung Merah Putih KPK. Meski saat awak media mempertegas makna anggukan itu, SYL tak memberi jawaban tegas.
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK usai konferensi pers penahanan dirinya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Eks Gubernur Sulawesi Selatan itu meminta untuk menanyakan ke Polda Metro Jaya. "Tanya Polda, tanya Polda," kata dia pendek, Senin (30/10).
Penyidik Polda Metro Jaya yang menangani kasus dugaan pemerasan SYL ini memang telah menggeledah rumah Kertanegara. Penggeledahan dilakukan bersamaan dengan giat serupa di kediaman Firli Bahuri lainnya, yakni di Villa Galaxy Kota Bekasi.
Penampakan suasana rumah diduga milik Firli Bahuri di Kertanegara nomor 46 usai digeledah polisi, Kamis (26/10/2023). Foto: Thomas Bosco/kumparan
Rumah Kertanegara diakui Firli sebagai rumah singgah. Rumah sewa. Tempat istirahat bila dirinya tak memungkinkan untuk nglaju Jakarta-Bekasi.
ADVERTISEMENT
Namun Firli membantah bahwa rumah tersebut sebagai tempat pertemuan dirinya dengan sejumlah pihak, termasuk SYL.
"Enggak ada [pertemuan]. Itu hanya tempat istirahat kalau seandainya saya ada giat di Jakarta," kata Firli kepada wartawan di kompleks GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/10).