kumparan
9 Agu 2019 15:46 WIB

Anies Akan Bagikan 5.000 Boks Daging Kurban Siap Santap

Pemprov DKI menggalakan program Dapur Kurban 2019 untuk menyambut Idul Adha 2019, Jumat (9/8). Foto: Efira Tamara Thenu/kumparan
Pemprov DKI menggalakan program Dapur Kurban 2019 untuk menyambut Idul Adha 2019. Hari ini, Jumat (9/8) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani perjanjian kerja sama terkait Pelaksanaan Dapur Kurban 2019.
ADVERTISEMENT
"Bahwa kegiatan ini untuk mendukung dan membantu saudara kita yang saat ini memiliki ekonomi rendah. Jadi tidak hanya negara yang hadir, tapi bersama seluruh komponen masyarakat," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta, Jumat (9/8).
Gubernur DKI Anies Jakarta di Pemberian Sertifikat Penyembelih Kurban di Islamic Center, Jakarta Utara. Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan
Dalam program ini, Pemprov DKI akan mendistribusikan daging kurban ke masyarakat yang membutuhkan. Daging kurban dibagikan bukan dalam daging mentah, melainkan dalam bentuk makanan yang langsung dapat disantap masyarakat.
"Tahun ini kurban atau daging kurban tidak dibagikan mentah, tetapi dibagikan sebagai daging yang siap saji dan yang memasak adalah para chef dari hotel-hotel berbintang," tutur Anies.
Pemprov DKI menggalakan program Dapur Kurban 2019 untuk menyambut Idul Adha 2019, Jumat (9/8). Foto: Efira Tamara Thenu/kumparan
Pemprov DKI rencananya mendistribusikan 5.000 boks daging siap santap ke permukiman kumuh di 9 kelurahan di DKI Jakarta. Pemprov DKI juga akan membagikan daging siap santap ke panti sosial di DKI.
ADVERTISEMENT
Kelurahan Manggarai, Kampung Melayu, Tanah Tinggi, Jatipulo, Jembatan Besi, Keagunggan, Kapuk, Penjaringan, dan Kalibaru dalam bentuk nasi boks.
Dalam menjalankan program ini, pemprov DKI juga melakukan kerja sama dengan badan yang bergerak di bidang sosial, seperti ACT hingga Baznas. Program ini juga turun menggandeng 9 hotel besar di Jakarta yakni Hotel Borobudur, Hotel Grand Cempaka, Hotel Aston Pluit, Hotel Shangri La, Hotel Dharmawangsa.
Daging siap santap ini nantinya akan dibagikan dalam bentuk besek bambu dan daun pisang. Hal ini menjadi langkah pemprov DKI untuk membantu pengurangan sampah plastik.
"Distribusinya akan menggunakan wadah yang ramah lingkungan tidak lagi menggunakan plastik tapi menggunakan besek dari bambu dengan daun pisang," ucap Anies.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan